Cucak Rowo Jambi

Aneka Jenis Burung Cucak Rowo Yang Populer Di Indonesia

Aneka Jenis Burung Cucak Rowo | Salah satu spesies burung yang cukup popuker di indonesia untuk kategori kicau adalah burung cucak rowo. Nama burung ini memang cukup santer terdengar di telinga penghobi burung hingga orang awam sekalipun. Hal ini di pengaruhi oleh maraknya lirik lagu yang menjadikan burung cucak rowo sebagai salah satu kata yang mungkin bermaksud sedikit nyeleneh dalam lantunan lagu tersebut.

Sedangkan di mata penghobi burung , burung satu ini memang menjadi salah satu burung type kicau yang cukup bagus suaranya. Tak jarang burung dengan isian mahal di dalamnya terdapat isian suara burung cucak rowo ini.

Tahukah anda jika burung cucak rowo merupakan burung yang sangat menyukai wilayah tropis. Oleh karenanya indonesia merupakan tempat yang cocok untuk di jadikan tempat tinggal spesies burung ini. Untuk wilayah pesebaranya di indonesia , cucak rowo bisa di jumpai di wilayah sepanjang Pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Jenis Burung Cucak Rowo

 

Dari wilayah pesebaran burung yang luas , tak heran jika burung jenis ini bisa di golongkan berdasarkan wilayah pesebaran burung. Anda yang mungkin baru mengeahui hal tersebut , kami akan memberikan beberapa list yang terdiri dari spesies burung cucak rowo. Bukan hanya listnya saja , kami juga akan menerangkan ciri burung cucak rowo tersebut dibawah sini.

Cuak Rowo Aceh

Cucak Rowo Aceh

Di mulai dari wilayah ujung indonesia yaitu aceh , cacak rowo aceh memiliki ukuran tubuh yang cukup besar. Sama seperti burung cucak rowo kebanyakan , bulu burung ini membentuk layaknya sisik dan memiliki warna coklat pada bagian kepala atau kening burung.

Di lengkapi dengan mata yang berwarna merah dan pupil hitam pelat , penampakan burung ini mungkin akan terlihat sangat sangar. Penampakan burung yang terlihat sangar dan dengan lantunan suaranya yang tegas membuat burung ini cukup populer dan di idolakan.

Cuak Rowo Medan

Cucak Rowo Medan

Salah satu spesies cucak yang paling populer dari spesies lainya adalah cuak rowo medan. Dengan penampakan yang lebih besar jugamasa otot tubuh yang pada berisi tentu burung ini akan terlihat gagah di banding keluarga dekatnya yang lain.

Sama halnya dengan burung asal aceh , burung asal medan ini memiliki bulu yang terlihat seperti sisik dengan perpaduan warna hijau pada sayap – sayapnya. Untuk membedakan antara burung medan dan aceh dapat di lihat dari sayapnya tersebut.

Sayap burung aceh memiliki warna hijau yang lebih dominan di banding dengan cucak rowo medan. Kekurangan dari burung jenis ini adalah suara atau vokalnya yang mungkin tidak terlalu jelas atau istilah lain adalah suaraya terdengar sedikit mengambang.

Meskipun dengan kekuarangan yang sudah kami sebutkan di atas , popularitas dari burung ini tidaklah memudar. Ini terbukti dengan banyaknya permitaan pasar akan burung tersebut , oleh karenanya tak heran burung ini menjadi spesies paling di cari oleh meraka (penghobi burung).

Cucak Rowo Lampung

Cucak Rowo Lampung

Masih di pulau sumatra , kali ini gacoran akan mengulas tentang burung asal lampung atau biasa di sebut dengan cucak rowo lampung. Berbeda dengan cucak rowo medan , perawakan burung jenis ini terlihat lebih pendek selain itu variasi kicau dari burung ini mungkin lebih sedikit jika di bandingkan dengan burung cucak rowo medan.

Meskipun perawakan burung ini pendek , namun ia di lengkapi dengan postur tubuh bagian dada yang lebih lebar sehingga terlihat bidang juga pada bagian sayap burung yang terlihat lebih kuat karena perawakanya yang ndagel (Pendek & Padat).

Cucak Rowo Jambi

Cucak Rowo Jambi

Cucak rowo jenis ini memang memiliki penampilan yang tidak jauh beda dengan saudaranya yang berasa dari lampung. Kemiripan dari burung tersebut hanya terdapat pada fisiknya sedangkan untuk vokal burung , menurut para peneliti yang memang sudah memelihara keduanya di ketahui jika vokal burung cucak rowo jambi dan riau cenderung lebih lirih di banding dengan cucak rowo lampung.

Cucak Rowo Kalimantan

Cucak Rowo Kalimantan

Cacak rowo jenis ini memang agak berbeda di bandingkan dengan spesies lainya. Anda bisa coba perhatikan dari postur tubuhnya dimana ukuranya mungkin akan jauh berbeda di banding dengan keluarganya yang berasal dari pulau sumatra.

Burung cucak rowo sumatra cenderung memiliki postur tubuh yang besar dan gagah , sedangkan untuk burung yang berasal dari kalimantan akan terlihat lebih kecil. Dari segi vokal , burung asal kalimantan ini cenderung lebih lambat ritme kicaunya selain itu dari volume suaranya , burung asal kalimantan memiliki suara yang tidak terlalu tajam / tipis.

Sahabat , saat ini populasi dari burung cucak rowo mungkin sudah agak berkurang. Ini di sebabkan oleh pemburuan yang terjadi pada tahun 80 an dimana burung cucak rowo menjadi burung target oprasi. Oleh karenanya untuk menjaga populasinya tetap lestari kami menyarankan untuk tidak melakukan pemburuan secara berlebihan terhadap burung tersebut.

Gallery for Aneka Jenis Burung Cucak Rowo Yang Populer Di Indonesia

Gravatar Image
Kerja Keras Demi Meraih Kesuksan , Saya Mengapresiasi Setiap Kritik Supaya Lebih Maju Kedepanya. "Berubah Untuk Mengubah Diri Dan Lingkungan"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *