Jenis Burung Kerakbasi

Aneka Jenis Burung Kerakbasi Dan Karakteristiknya

Aneka Jenis Burung Kerakbasi | Salah satu spesies burung yang mungkin marak atau ramai di pelihara oleh penghobi burung di seluruh indonesia adalah kerakbasi. Burung yang tergolong kedalam keluarga Acrocephalidae yang mana kebanyakan di antranya merupakan burung pemakan serangga.

Tahukah anda untuk spesies ini terbagi menjadi beberapa jenis ? , kerakbasi menurut para peneliti terbagi menjadi 43 spesies. Memiliki ukuran tubuh yang kecil membuat burung ini sangat lincah sekali untuk berpindah dari tempat satu ke tempat yang lain. Meski dengan tubuhnya yang mungil , burung ini mampu untuk bersuara dengan baik , oleh karenya ia menjadi buruan untuk para penggila burung se-nusantara.

Dulu sebelum tergabung dalam keluarga Acrocephalidae , burung ini masuk dalam keluarga Sylviidae namun selanjutnya dipisah dan dimasukkan pada keluarga marsh dan tree warbler (Acrocephaliidae).

Aneka Jenis Burung Kerakbasi

 

Karena dulu termasuk kedalam keluarga Sylviidae , maka tak heran jikalau terkadang ada yang menyebutnya marsh warbler atau reed warblers. Habitat burung jenis ini meliputi beberapa wilayah yang sedikit lembab atau basah seperti rawa – rawa dan lain sebagainya.

Burung jenis ini memiliki jenis vokal yang keras dan juga tajam , dengan suaranya yang khas ini membuat banyak orang memelihara burung tersebut untuk di jadikan master untuk burung lainya. Sebelumnya sudah kami beriahukan jika burung ini terbagi menjadi 43 spesies yang berbeda , ketahui beberapa diantaranya dengan membacanya dibawah sini.

Kerakbasi Besar

 

Burung ini memiliki paras atau bentuk tubuh dengan ukuran sedang yang berkisar 18 Cm kebawah. Tubuh burung ini di lengkapi dengan bulu burung yang memiliki warna coklat. Untuk bagian alis burung memiliki warna kuning tua yang cukup jelas. Ini di sebabkan bulu burung yang berwarna coklat sangat kontras dengan warna kuning tua pada bagian alis burung.

Sedangkan untuk bagian ekornya , burung ini memiliki ekor yang cukup panjang sehingga membuat penampilan burung manjadi terlihat gagah. Khusus untuk jenis ini pada sisi dada terdapat sedikit coretan dan bulu primer lebih panjang selain itu pada bagian mulutnya memiliki warna merah jambu.

Pesebaran burung ini tergolong cukup merata , dimana di indonesia anda bisa menemui di wilayah mulai pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, Timor, sampai dengan Papua. Sedangkan untuk wilayah di luar indonesia anda bisa mengunjungi beberapa wilayah yang masih berada di kawasan Asia Timur.

Kerakbasi Ramai

 

Sama halnya dengan burung Kerakbasi Besar , spesies ini memiliki perawakan tubuh sedang dengan panjang mencapai 18 Cm. Ciri lain yang sama adalah tubuhnya dipenuhi dengan bulu–bulu yang berwarna cokelat, dengan bagian ekor yang terlihat memanjang.

Sedangkan untuk membedakan antara burung Kerakbasi ramai dengan Kerakbasi Besar andalah , jika pada kerakbasi besar pada alisnya berwarna kuning maka untuk kerakbasi besar alisnya memiliki corak warna putih. Selain perbedaan ini adalah pada bagian tubuh bagian atas kerakbasi ramai berwarna cokelat-zaitun dan untuk tubuh bagian bawah keputihan, dengan sisi tubuh serta ekor penutup bawah yang warnanya kuning tua.

Masih sama dengan burung kerakbasi jenis lain , spesies ini sangat menyukai wilayah hidup atau habitat hidup yang basah seperti rawa payau berbuluh, sawah dan juga di hutan mangrove.

Sedangkan untuk persebaran burung ini , burung kerakbasi ramai dapat di jumpai di berbagai wilayah meliputi Kalimantan, Jawa, dan juga di Maluku. Meskipun anda sudah mengetahui kebiasaan kidup atau karakteristik burung , mungkin anda akan sangat menjumpai burung ini di alam liar karena burung jenis ini tergolong burung yang tidak suka hidup berkelompok. Jika anda menjumpai burung ini berkelompok , mungkin ia hanya bersama dengan pasangannya yang terdiri dari 2 – 4 ekor burung saja.

Kerakbasi Alis Hitam

 

Spesies ini mungkin agak berbeda dengan jenis lainnya , yang membuatnya terlihat berbeda adalah dari segi ukuran tubuh burung. Burung ini memiliki bentuk mungil dimana hanya mampu mencapai ukuran kurang lebih 13 Cm , selisinya cukup jauh dengan spesies yang sudah kami sebutkan diatas dimana selisihnya mencapai angka 5 Cm.

Untuk penampakan burung, tubuhnya didominasi oleh warna bulu yang berwarna cokelat. Pada bagian alis mata burung berwarna putih kekuningan yang ada batasnya berupa trip hitam di bagian atas dan juga bagian bawah. Dari garis hitam ini lah burung ini di sebut dengan nama Kerakbasi Alis Hitam.

Dikatakan menurut sumber terpercara , jika burung ini termasuk burung migrasi yang pada musim perkembang biakan berada di wilayah timur laut asia. Pada musim dingin mereka akan bermigrasi ke India, Tiongkok Selatan, serta di Semenanjung Malaysia.

Sahabat , dari banyaknya spesies burung kerakbasi yang berjumbah 43 jenis. Gacoran sudah menyebutkan 3 jenis diantaranya. Jika anda ingin tahu lebih banyak tentang jenis burung lainya , silahkan anda tinggalkan komentar anda menggunakan kolom yang kami sediakan dibawah sini.

Sekian perjumpaan kita yang membahas tentang jenis burung kerakbasi , semoga bermanfaat untuk anda dan orang disekitar anda. Terimakasih sudah berkunjung dan sampai bertemu lagi di pembahasan yang akan datang.

Gravatar Image
Kerja Keras Demi Meraih Kesuksan , Saya Mengapresiasi Setiap Kritik Supaya Lebih Maju Kedepanya. "Berubah Untuk Mengubah Diri Dan Lingkungan"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *