Anis Kening: Suara Burung , Harga Terbaru , Perawatan

Burung Anis Kening – Memiliki julukan yang beragam itulah kesan pertama yang hendak kami sampaikan kepada anda mengenai burung satu ini. Burung anis satu ini memiliki beberapa julukan diantaranya punglor anis kening, ada juga yang menyebutnya punglor anis kayu, bahkan anda juga yang menyebutnya dengan nama anis kuning.

Mungkin tak banyak orang mengenal burung yang satu ini, hal ini sangatlah wajar mengingat burung yang masih satu keluarga dengan anis merah ini memang termasuk kedalam burung yang pendiam.

Benar sekali teman, jika biasanya burung anis pada umumnya dapat berkicau dengan baik seperti yang di lakukan oleh anis kembang dan anis macan mungkin untuk anis kuning tidaklah semahir mereka.

Bagi penikmat kicau mania tentu suara burung merupakan hal yang sangat menari. Burung yang susah bunyi tentu akan kurang greget bila di lombakan.

Meskipun burung ini tidak terlalu mahir dalam berkicau namun harga dari burung ini cukup tingi. Bagi beberapa kalangan memang menganggap burung anis kuning memiliki suara yang merdu meskipun keluarnya jarang – jarang.

Selain itu penampilan dari burung anis kening cukup memikat dengan tubuhnya yang ideal dan terlihat sporty. Untuk mendapatkan burung satu ini anda bisa menyiapkan dana berkisar Rp 350.000 – Rp 450.000 untuk satu ekor pejantan yang sudah terlatih.

Ciri Dan Persebaran Burung Anis Kening

Burung anis kening memiliki beberapa ciri khas yang membuatnya bisa di bedakan dengan jenis burung lain. Anda yang ingin belajar bagaimana membedakan spesies burung ini dengan yang lainya silahkan anda baca hal – hal menarik dibawah sini.

Ciri Burung Anis Kuning

  • Memiliki iris mata berwarna coklat kekuningan
  • Ketika dewasa burung dapat tumbuh dengan panjang mencapai 16 cm
  • Jantan dan betina memiliki warna yang nyaris serupa
  • Punggung di dominasi dengan warna coklat zaitun
  • Pada areal alis terdapat warna putih yang berbentuk seperti topeng
  • Bagian dada samapai dengan leher di dominasi dengan warna bulu kuning kecoklatan
  • Pada bagian perut sampai dengan dubur di dominasi dengan bulu berwarna putih
  • Kaki burung satu ini nampak jenjang
  • Paruh atas berwarna coklat sedangkan bawah berwarna kuning.

Setelah anda paham dengan ciri – ciri dari burung jenis ini, selanjutanya anda bisa pelajari tentang habitat atau pesebaran burung.

Habitat dan Wilayah Sebaran

Wilayah persebaran dari burung ini cukup luas, Mereka berkembang biak di Asia Utara. Di mulai dari Siberia timur dan tengah sampai ke Kamchatka. Sedangkan dari selatan sampai utara persebaran burung meliputi Mongolia sampai dengan Amurland.

Karakter burung ini merupakan burung yang senang bermigrasi. Di musim dingin burung ini kerap kali di temukan di wilayah Taiwan, India, Filipina dan Indonesia.

Di indonesia burung satu ini bias di jumpai di provinsi atau beberapa pulau seperti Sulawesi, Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Burung ini seberanya merupakan burung yang tidak terlalu takut dengan aktifitas manusia. Oleh karena itu tak jarang orang dengan mudah menangkap burung tersebut. Untuk menangkapnya di indonesia anda bisa menunggu di bulan November sampai dengan April.

Pasalnya di bulan – bulan tersebut merupakan musim migrasi dari burung tersebut. Dan di luar bulan terbut tentu anda akan kesulitan menemuinya karena burung anis betina dan jatan sudah kembali ke tempat ia berkembang biak yakni di wilayah Asia Utara.

Perawatan Burung Anis Kuning

Dalam merawat burung anis jenis ini sebenarnya tidak ada tridment khusus. Anda hanya perlu memelihara burung pejantan supaya mendapat burung yang mampu berkicau dengan baik.

Mengingat cukup sulit untuk membedakan antara pejantan dan juga betina kami akan sediakan beberapa tips untuk membedakan antara keduanya.

Anis kuning Jantan dan betina
Anis kuning Jantan sebelah kiri dan betina sebelah kanan

Anda bisa membedakan kedua jenis kelamin burung anis kening dengan melihat bentuk kepalanya. Burung jantan memiliki kepala berwarna abu-abu yang gelap, sedangkan kepala betina semu kecokelatan, serta dan warna putih di bagian tenggorokannya.

Setelah anda berhasil membedakan atau memilih burung pejantan anda bisa menghajarnya dengan memberikan EF (extra fooding) berupa kroto, cacing tanah, dan ulat bambu setiap hari guna membuat burung semakin bergairah untuk berkicau.

Anda juga bisa memberikan audio mp3 suara burung anis kuning atau anis siberia untuk melitih vokal dari burung tersebut. Jika anda tidak memiliki filenya anda bisa mengunduhnya disini.

Download Suara Anis Kening

Putarkan audio ini untuk merangsang atau melatih burung anis kuning yang sedang anda pelihara. Dengan dukungan asupan makanan dan juga audio ini semmoga saja burung pendiam anda bisa rajin untuk berkicau.

Bailah teman, dengan kami mebagikan audio ini maka usailah sudah pembahasan pada kesempatan kali ini. Bila mana ada hal yang kurang jelas dan sulit untuk adna pahami kami ucapkan permohonan maaf yang sangat besar karena kekurangan kami.

Semoga yang kami bagikan ini bermanfaat untuk banyak orang terlebih lagi untuk anda. Terimakasih karena sudah berkunjung dan sampai berjumpa lagi di pembahasan yang akan datang.

Leave a Comment