Budidaya Burung Cucak Wilis Bagi Pemula

Budidaya Burung Cucak Wilis – Tehnik dalam melakukan tenak cucak wilis memang cukup beragam. Setiap orang tentu memiliki caranya masing – masing dalam melakukan budidaya atau ternak ini.

Termasuk juga gacoran, kami memiliki teknik tersendiri dalam melakukan budidaya rengganis. Mungkin dari teknik yang kami bagikan ini sedikit berbeda dengan teknik pada umumnya. Namun tetap saja secara garis lurus teknik ini memiliki tujuan yang sama yakitu memaksimalkan keberhasilan dalam ternak cucak wilis.

Sengaja kami bagikan tips ini untuk mereka yang masih pemula supaya lebih mudah dalam pengaplikasian dan juga membangun kepercayaan diri supaya mau untuk memulai mengambil tindakan.

Budidaya Burung Cucak Wilis

Sesuai dengan tajuk pembahasan kali ini, dalam memulai untuk ternak cucak wilis di perlukan beberapa persiapan dasar memiputi persiapan kandang, pemilihan indukan dan beberapa teknik dalam melakukan perawatan untuk burung rengganis yang hedak di ternak.

Tak pelu berpanjang lebar tentang cuplikan mengenai ternak rengganis ini, langsung saja teman – teman pelajari penerapan yang terpat untuk menangani burung cucak wilis yang hendak di terak.

Persiapan Kandang

Kandang merupakan tempat tinggal yang di buat khusus untuk budidaya atau ternak. Umumnya rumah yang tepat untuk burung yang di tenak wajib memiliki kriteria berikut:

  • Tidak sempit / Luas
  • Terhindar dari air hujan dan terik matahari langsung
  • Memiliki tempratur yang tepat
  • Terhindar dari beberapa predator
  • Memiliki fasilitas yang lengkap seperti cepuk makan , minum dan juga sangkar tempat burung bertelur

Intinya anda perlu menyiapkan tempat yang nyaman supaya burung merasa betah dan juga nyaman sehingga nantinya burung akan merasa seperti burung yang liar.

Pemilihan Indukan

Pemilihan dari indukan burung memang patut anda lakukan. Seleksi dan seleksi menjadi peranan yang penting sebelum anda memilih untuk memulai budidaya.

Pastikan anda memiliki sepasang burung cucak wilis yang terdiri dari satu jantan dan satu betina. Bila anda belum mengetahui ciri dari keduanya silahkan baca tutorial tentang cara membedakan cucak wilis jantan dan betina.

Burung yang hendak di jadikan indukan tentu memiliki kriteria yang tepat. Beberapa hal yang mungkin dapat membantu anda dalam memilih indukan antara lain :

  • Memiliki umur yang cukup (Tidak terlalu tua dan terlalu muda)
  • Pejantan mendominasi cirinya suara cucak wilis gacor
  • Betina yang memiliki postur gemuk
  • Indukan wajib memiliki kemistri (Cumbu)

Sedangkan untuk kriteria lainya mungkin anda bisa menambahkan sendiri guna memantapkan hati anda. Kemantapan hati anda juga akan berpengaruh nantinya karena ketika anda sudah tidak srek dari awal maka mungkin kedepanya akan kocar – kacir.

Perhatikan Makanan Burung

Makanan burung akan meberikan efek yang cukup signifikan akan keberhasilan budidaya atau ternak cucak wilis. Jadi pastikan anda rajin memberikan EF untuk burung. Beberapa jenis makanan yang dapat membuat burung menjadi birahi antara lain adalah :

  • Jangkrik
  • Kroto
  • Ulat Hongkong

Berilah beberapa ekor serangga ini supaya mendompleng nafsu burung terhadap pasanganya. Ketika birahi burung naik maka ia akan sering melakukan kegiatan kawin.

Otamitis ketika burung sering kawin maka tingkat keberhasilan burung dalam bertelur akan sangat besar. Dalam bahasa formalnya adalah ketika betina sering di buahi oleh pejantan maka potensi bertelur dan telur menetas akan meningkat.

Menjaga Kebersihan Kandang dan Tubuh Burung

Ketika burung di pelihara pada kandang ternak umumnya kotoran burung akan berserakan dan disini anda perlu perhatikan. Kotoran burung dapat menjadi sumber penyakit karena banyak sekali bakteri dan virus yang dapat hidup didalamnya.

Oleh karena itu rajin rajinlah anda dalam membersihkan kandang burung dari kotornya. Selain itu tak ada salahnya anda meletakan bak mandi di dalam kandang burung.

Tujuanya supaya burung mandi secara mandiri namun jika burung tidak mau untuk mandi sendiri anda bisa menyemprotnya supaya burung cucak wilis ini tetap terjaga dari jamur dan lain sebagainya.

Itulah tadi beberapa hal yang dapat anda kerjakan dalam melakukan budidaya burung cucak wilis. Kiranya yang sedikit ini memberikan banyak manfaat kepada anda semua.

Kami sadar jika pembahasan kali ini banyak memiliki kekurangan , oleh karena itu silahkan anda bertanya atau menambahkan sesuatu tentang ulasan kali ini dengan cara berkomentar dibawah sini.

Dari kami cukup sampai di sini saja dan sampai berjumpa lagi di pembahasan yang akan datang.

Leave a Comment