Mengenal Burung Anis Macan Dan Tips Perawatannya

Burung Anis Macan – Dari namanya tentu sudah nampak kesan sangar pada burung tersebut. Sesuai dengan namanya burung ini memang cukup ganas apalagi dalam berkicau.

Walau burung ini mungkin kurang di kenal oleh beberapa orang, namum jangan salah salah. Burung ini memiliki penampilan yang menarik dan juga variasi kicau yang mulayan banyak dan bagus tentunya.

Memang untuk popularitas dari burung ini masih tertinggal jauh dari anis kembang atau saudara – saudaranya yang lain yang masih satu keluarga.

Oleh karena itu harga burung anis macan tidaklah semahal seperti burung anis pada umumnya. Teman – teman sesama penghobi burung, sebelunya apakah anda sudah tahu seperti apa bentuk dan karakteristik dari burung ini. Jika anda belum paham silahkan anda pelajari beberapa hal menarik seputar burung tersebut dengan membacanya dibawah sini.

Seperti Apa Ciri Burung Anis Macan ?

Burung anis macan memiliki bentuk tubuh yang sangat ideal, hal ini membuat burung jenis ini terlihat semakin cakep. Untuk mengenali burung ini anda bisa perhatikan bagian bawah dari burung tersebut.

Burung anis macan memiliki bulu berwarna putih dan hitam yang khas. Namun sebagian besar dari tubuh burung ini bulunya di dominasi dengan warna bulu berwarna coklat. Paruhnya berbentuk lancip dengan warna hitam kecolatan.

Pada bagian kaki burung berbentuk kecil dan panjang atau istilah kerenya adalah berkaki jenjang. Warna dari kaki burung jenis ini adalah merah muda jika anda pernah memakan buah jambu merah maka seperti itulah warna dari kaki burung tersebut.

Itulah tadi beberapa hal yang dapat anda jadikan gambaran untuk mengenal burung jenis ini. Selanjutnya kami akan membagikan tips perawatan dari burung tersebut.

Perawatan Burung Anis Macan

Perawatan yang di berikan kepada burng harus sesuai dengan kebutuhanya. Dalam perawatan ini anda bisa menyeting untuk apa burung terebut di pelihara.

Apakah untuk gantungan atau lomba kicau, apakah untuk ternak burung anis atau lain sebagainya. Anda musti memutuskan terlebih dahulu kemana arah yang hendak anda capai.

Jika anda ingin membuat burung menjadi gacor, kami lebih menekankan anda untuk melakukan rawat harian saja. Namun anda tidak perlu risau karena tips rawat harian ini juga mengandung unsur tips membuat burung anis teler dan suara ngeplong. Silahkan ikuti langkah – langkah berikut untuk mengetahui lebih jelasnya.

Rawat Harian Burung

  • Sama seperti burung pada umumnya, anda bisa mengebunkan burung di pagi hari di jam 06 : 00 sampai dengan 07 : 00 waktu setempat. Perhatikan cuaca , jika tidak mendukung jangan lakukan step ini
  • Anda bisa memandikan burung jika dirasa embun kurang membuat bulu burung basah
  • Penjemuran wajib di lakukan kepada burung yang sudah di mandikan supaya tetap fit
  • Anda jangan lupa untuk membersihkan kandang burung
  • Pakan dan air pada kandang burung harus di ganti setiap hari supaya tidak menjadi sumber penyakit. Pakan yang tidak habis dan air yang masih banyak bisa menjadi sumber penyakit jika tidak di ganti karena berjamur dll
  • Jika anda memiliki jangkrik anda bisa berikan 3 ekor jangrik ukuran kecil kepada burung setiap pagi hari
  • Dalam satu minggu minimal 2 kali anda harus siapkan buah bertektur lembek seperti pepeya atau pisang
  • Di sore hari ketika matahari masih bersinar anda bisa mengangin – anginkan burung di tempat yang sejuk
  • Ketika di rasa hari mulai gelap anda bisa memasukan burung kedalam rumah
  • Jangan lupa anda kerodong kandangnya , anda juga bisa memperdengarkan suara burung anis merah untuk memancing nafsu berkicau burung sekaligus mengasah mentalnya.

Lakukan langkah – langkah yang kami berikan ini secara rutin. Dengan ketekunan dan keuletan anda pasti bisa melatih burung menjadi burung dengan kualitas baik.

Mesipun terdengar mudah , namun mungkin ini akan sangat sulit di terapkan karena musuh dari tips ini adalah jenuh. Oleh karena itu di butuhkan niat dan usaha yang sungguh – sungguh untuk mencapainya.

Mungkin tak banyak lagi yang dapat kami sampaikan kepda anda. Semoga yang kami bagikan ini bermanfaat untuk anda dan orang di sekitar anda. Sebelumnya kami ucapkan terimakasih karena sudah berkunjung dan sampai bertemu lagi di pembahasan akan datang.

Leave a Comment