Burung Anis Siberia, Siberian Thrush (Geokichla sibirica)

Burung Anis Siberia – Satu lagi spesies burung anis yang merupakan keluarga dari turdidae dan genus Geokichla. Burung jenis ini memiliki nama latin Geokichla sibirica atau sibirian thrush. Spesis ini dapat anda jumpai di indonesia dengan jumblah yang tidak sedikit.

Meskipun ia dalat anda jumpai di indonesia, perlu anda ketahui jika spesies ini sebenarnya bukan penduduk asli negara kepulauan tercinta Indonesia.Sebenarnya burung ini sama dengan burung anis kening, yang merupakan burung migrasi yang di dalam perpindahanya memilih negara kita untuk tempat singgah.

Bermigrasinya burung ini dilakukan saat wilayah aslinya mengalami pergantian musim dimana dari musim panas ke musim dingin. Di saat musim dingin ia akan bermigrasi ke berbagi negara di asia tenggara, termasuk indonesia.

Di indonesia burung ini dapat di jumpai di beberapa pulau besar seperti Jawa, Kalimantan, Sumatra sampai dengan Bali.

Asal Burung Anis Siberia

Burung ini di ketahui berasal dari wilayah asia yang memiliki musim dingin atau salju. Negara seperti jepang, Siberia, Mongolia merupakan tempat ia berkembang biak dan sekaligus tempat asal dari burung ini.

Karena Indonesia merupakan lintasan migrasi dari burung ini, tentu membuat penggiat kicau tertarik untuk meneliti dan memelihara burung ini.

Dari hasil pemelihara burung anis sirebia di ketahui jika burung ini memiliki suara yang bagus. Tak mau kalah dengan burung anis merah, variasi kicau burung jenis ini juga beragam. Meskipun burung ini termasuk kedalam burung yang pemalu namun ketika berkiacu anis siberia ini cukup membuat pendengarnya menjadi tertarik.

Di habitat asliya burung ini kerap kali di temukan dalam jumblah kelompok besar. Ini menandakan jika burung jenis ini sangat menyukai cara hidup berkelompok dimana sifat ini sama dengan burung migran pada umumnya.

Tempat ideal burung ini merupakan wilayah dengan dataran tinggi. Minimal di ketinggian 1800 meter dari permukaan laut burung ini baru di temukan saat bermigrasi atau di tempat asalnya.

Di ketinggan tersebut tentu banyak di tumbuhi oleh pepohonan yang masih asri yang bisa tumbuh dengan ketinggian maksimal. Anda bisa memperhatikan wilayah pepohonan tinggi karena burung jenis ini suka sekali bertengger di pepohonan tinggi tersebut.

Jika anda belum pernah melihat secara langsung burung anis siberia ini, kami sudah sediakan beberapa gambaran mengenai ciri burung tersebut. Silahkan anda baca keterangan di bawah sini untuk lebih jelasnya.

Siberian Thrush

Ciri Burung Anis Siberia

  • Ukuran tubuhnya hanya berkisar 20,5 sampai 23 cm
  • Berat burung ketika sudah dewasa 60 sampai 72 gram
  • Paruh burung anis jenis ini berwarna kehitaman (agak gelap)
  • Terdapat garis putih panjang agak tebal pada bagian mata burung
  • Burung ini memiliki warna cokelat, hitam, putih yang membentuk corak sisik yang terdapat pada sebagian tubuhnya seperti dada, perut, sisi wajah, tenggorokan, serta tunggirnya. Oleh karena itu tak jarang orang menyebutnya sebagai burung blorok.
  • Bagian sayap burung dan sisi pinggir badannya terlihat sedikit warna merah karat
  • Burung pejantan dari anis siberia memiliki corak warna kehitaman agak gelap hampir diseluruh tubuhnya
  • Pada bagian mahkota, kepala, tengkuk, punggung, sayap dan ekor anis siberia betina ditutupi warna coklat beranga.

Itulah tadi beberapa ciri burung anis siberia dan tentu anda sudah tahu tentang cara membedakan pejantan dan betina dari spesies burung ini bukan. Jika anda belum paham silahkan ulangi untuk membaca ciri – ciri yang ada di atas.

Kebiasaan Hidup Burung Anis Siberia

Karena burung ini merupakan burung migran tentu ia memiliki musim tersendiri untuk berkembang biak. Menurut beberapa sumber yang sudah membahas tentang burung ini di ketahui jika burung tersebut memiliki masa kawin di bulan Juni sampai dengan agustus.

Saat masuk ke musim kawin burung ini dapat menghasilakn telur dengan jumblah 2 – 4 butir. Setelah bertelur pejantan dan betina akan bergantian untuk mengerami telur, namun burung betina lebih dominan dalam melakukan pengeraman (Inkubasi).

Masa inkubasi burung ini lumayan lama dimana dapat mencapai 36 sampai 48 hari. Jika dalam waktu tersebut telur tidak menetas kemungkinan telur sudah membusuk atau kopyor.

Setelah anda mengetahui tentang kebiasaan hidup burung tersebut apakah anda ingin tahu hal lain yang tidak kalah menarik. Ini berkaitan dengan cara merawat dari burung anis jenis ini, jika anda tertarik untuk memelihara burung maka silahkan baca tips – tips dibawah sini.

Bagaimana Cara Merawat Burung Anis Siberia ?

Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika burung anis siberia memiliki kebiasan hidup yang extrime dimana ia akan berpergian jauh ketika wilayah aslinya atau habitat aslinya sedang mengalami pergantian musim.

Dengan kebiasan burung yang suka bermigrasi ini, anda tentu perlu belajar bagaimana cara untuk merawat burung tersebut. Berikut ini beberapa tips yang dapat anda tirukan tentang bagaimana cara merawat burung.

  • Embunkan burung ketika pagi hari ( perhatikan cuaca saat itu )
  • Campurkan air munum burung dengan beberapa vitamin untuk burung
  • Berikan Extra Fooding kepada burung
  • Ketika matahari mulai terbit di jam 07 :00 anda bisa memanikan burung
  • Setelah itu segera angin anginkan burung sekaligus melakukan penjemuran untuk melatih nafasnya
  • Saat cuaca semakin terik anda bisa memberikan makanan tambahan sperti kroto atau jangkrik 2 – 3 ekor saja
  • Bukan hanya daging, anda juga perlu memberikan makanan berupa buah seperi beri, pisang dll
  • Ketika matahari semakin menghilang atau terbenam anda bisa memasukan kandang burung kedalam rumah (jangan lupa di krodong).

Setelah anda tahu tentang perawatan yang tepat untuk burung, tentu ini akan memudahkan anda untuk exsekusi (memelihara burung) nantinya.

Jika anda membelinya pastikan nanti anda membeli burung dengan posisi sehat dan tidak stres. Burung yang stres atau baru di tangkap tentu akan lebih rentan terkena penyakit hingga dapat berdampak kematian.

Tentu anda tidak menginginkan hal tersebut bukan, Oleh karena itu berhati – hatilah dalam memilih burung peliharaan.

Sekian pembahasan kita mengenai burung anis siberia, semoga anda terbantu dengan apa yang kami suguhkan kepada kamu ini. Sebelumnya terimakasih karena sudah berkunjung dan sampai berjumpa lagi di pembahasan yang akan datang.

Leave a Comment