Ciri Burung Cucak Jenggot Sumatra Mudah Dikenali

Burung Cucak Jenggot Sumatra – Dalam mengenal cucak jenggot sumatra memang di butuhkan beberapa petunjuk dari yang berpengalaman. Disini bukanya kami ingin menunjukan bahwa kami berpengalaman akan tetapi kami hanya ingin berbagi sedikit pengalaman yang kami ketahui mengenai ciri cucak jenggot.

Burung cucak jenggot khususnya yang berasal dari sumatra memang cukup banyak di minati oleh penghobi burung kicau. Spesies burung petarung ini memang di gemari oleh penggila kicau dikarenakan memiliki suara yang cukup menarik.

Selain itu sifatnya yang sangat suka bertarung membuat ia sering kali berkicau jika melihat burung lainya di sekitar tempat ia hidup.

Penampilan dari cucak jenggot bisa juga di katakan menjadi salah satu megnet yang dapat menarik beberapa orang. Postur tubuhnya yang tegap dan juga corak warnanya yang menarik dapat menyihir setiap pasang mata yang menatapnya.

Namun bicara soal cucak jenggot sumatra, apakah anda sudah mengenal atau mengetahui ciri burung tersebut ?

Jika anda belum mengenalinya, silahkan simak beberapa ulasan menarik yang dapat anda ketahui dengan membacanya disini.

Burung Cucak Jenggot Sumatra

Cucak jenggot sumatra memiliki ciri yang cukup mudah dikenali. Beberapa ciri khas yang hanya di miliki oleh spesies burung ini antara lain adalah:

  • Tubuhnya memiliki panjang 20 cm
  • Tubuh bagian atas coklat zaitun
  • Ekor berwarna merah
  • Pipi berbulu abu-abu
  • Bulu tenggorokan putih yang dapat di kembangkan
  • Tubuh bagian bawah kuning
  • Iris kemerahan
  • Warna paruh hitam
  • kaki burung berwarna coklat keabu-abuan

Burung jenis ini memiliki sifat mudah beradaptasi, jadi tak heran jika ia bisa di pelihara dan mudah jinak dengan manusia.

Di alam liar umumnya spesies burung ini kerap kali di temukan dalam kelompok kecil atau berpasang pasangan. Jarang sekali burung ini bergerak sendirian meskipun bukan tidak mungkin hal tersebut bisa terjadi.

Bicara soal cucak jenggot liar, tahukah anda seperti apa bentuk sarang cucak jenggot sumatra ini ?

Burung cucak jenggot memiliki sarang berbentuk cawan atau cangkir yang dangkal. Bentuknya mungkin tidak terlalu rapih namun tetap nyaman untuk di jadikan tempat berkembang biak bagi burung tersebut.

Sarang burung cucak jenggot di buat dari daun – daun kering dan juga serat palem yang cukup mudah untuk di rangkai atau di rajut.

Karena burung jenis ini memiliki akal yang cukup cerdas maka sering kali ia memanfaatkan jaring laba –  laba untuk di jadian perekat dari sarangnya.

Pada saat musim kawin burung jenis ini mampu bertelur 1 – 3 butir namum standarnya spesie burung ini bertelur dengan jumblah 2 butir. Warna dari telurnya ini adalah kemerah jambuan dengan berbintik ungu yang kadang menghiasi cangkang telur.

Cucak jenggot medan atau sumatera dapat berkembang biak sepanjang tahun namun pada bulan Juni, Juli, Oktober supit untuk mendapati burung ini bertelur dan menetas dengan sukses.

Ciri Cucak Jenggot Bagus

Bagi teman – teman yang tertarik untuk memelihara burung jenis ini, kami akan sediakan beberapa tips untuk memilih cucak jenggot yang baik.

Cucak jenggot sumatera yang baik memiliki beberapa ciri – ciri yang menjadikan ia potensial untuk di pelihara. Beberapa ciri – ciri ini antara lain meliputi fisik burung diantaranya adalah :

  • Bulu Pepek
  • Makan Banyak
  • Suka Berkicau
  • Tidak Memiliki Cacat
  • Paruhnya Panjang
  • Matanya Tidak Berair

Namun ketika burung memiliki tersebut umumnya harga cucak jenggot akan naik pesat. Jadi kami menyarankan anda untuk pandai – pandai dalam melakukan penawaran kepada pedagang.

Dari pembahasan kali ini tentang ciri cucak jenggot mungkin sampai disini saja. Semoga yang kami sampaikan kepada anda ini bermanfaat.

Apabila anda memiliki pertanyaan mengenai burung cucak jenggot alangkah baiknya anda meninggalkan pertanyaan tersebut dibawah sini supaya kami dapat menjawabnya untuk anda.

Kurang lebihnya kami dalam meberikan informasi kami ucapkan mohon maaf sebesar – besarnya dan sampai berjumpa lagi di pembahasan akan datang.

Leave a Comment