Burung Jingjing Batu

Burung Jingjing Batu : Suara Kicau Dan Harga Jantan Juga Betina

Burung Jingjing Batu | Nama burung ini mungkin kurang populer di telinga orang awan yang mungkin hanya sedikit tahu dengan dunia kicau indonesia. Namun tidak dengan mereka yang sudah lama terjun atau bergulat dalam dunia tersebut , nah khusus untuk anda yang mungkin belum lama berkecimpung di dunia kicau. Kali ini kami akan memberikan sedikit informasi yang semoga bermanfaat untuk anda semua.

Jingjing Batu termasuk kedalam burung yang suli di jumpai , untuk bertemu dengan burung ini anda bisa berkunjung kebeberapa wilayah yang ada di indoensia seperti di Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Ini dikarenakan burung ini banyak tersebar dalam wilayah yang kami sebutkan di atas , mamun tidak menutup kemungkinan anda menjumpai di tempat lain karena banyaknya orang yang memelihara burung tersebut.

Jingjing memiliki kekerabatan yang cukup dekat dengan burung kapasan, sepah, dan kepudang sungu. Mesikpun berkerabat dekat dengan beberapa burung di atas , namun untuk penampilan mungkin anda sependapat dengan kami dimana mengatakan burung cenderung lebih mirip dengan burung candet dan untu sifat burung atau perilaku burung malah lebih cenderung mirip dengan burung sikatan.

Burung Jingjing Batu

 

Burung pemilik nama latin Hemipus hirundinaceus memiliki beberap sebutan yang mungkin di berikan oleh beberapa indifidu atau kelompok tertentu diantaranya seperti nama internasional black-winged flycatcher-shrike dan nama yang di sematkan oleh sesepuh omkicau seperti si sayap hitam.

Burung jenis ini terkenal dengan warna bulunya yang contras yaitu perpaduan antara hitam dan putih dimana warna putih pada bagian tenggorokan, dada, dan perutnya berpadu dengan beberapa bagian tubuh berwarna hitam yang tidak kami sebutkan di atas.

Tahukah anda jika burung jenis ini memiliki beberapa jenis yang berbeda , lebih tepatnya burung jenis ini terbagi menjadi 3 kelompok diantaranya adalah:

  • Jinjing batu / black-winged flycatcher-shrike (Hemipus hirundinaceus)
  • Jinjing bukit / bar winged flycatcher-shrike (Hemipus picatus)
  • Jingjing petulak / large woodshrike (Tephrodornis virgatus)

Dari tiga jenis burung jingjing di atas , diketahui jika hanya jingjing batu dan jingjing bukit yang bisa disebut paduan cendet-sikatan (flycatcher-shrike).

Jingjing batu dan jingjing bukit memiliki karakteristik fisik yang hampir sama dimana perbedaan burung hanya terletak pada bagian bulu sayap burung. Sayap burung jingjing bukit memiliki goresan warna putih dan untuk jingjing batu tidak memiliki corak putih tersebut.

Ciri Burung Jingjing

 

Burung jingjing batu memiliki postur tubuh yang kecil, dimana panjang tubuh burung masimal mencapai 15 cm. Burung jantan memiliki bagian tubuh atas berwarna hitam, dengan tunggir dan sisi bulu ekor (bagian luar) berwarna putih. Tubuh bagian bawah berwarna putih.

Untuk burung jingjing betina memiliki penampilan yang mirip dengan burung jantan, hanya saja tubuh bagian atas berwarna cokelat dan tidak hitam seperti burung pejantan dari jinjing batu dan juga jinjing bukit.

Khusus untuk jinjing batu di Indonesia, wilayah persebaran burung jingjing batu meliputi Pulau Sumatera (termasuk Nias dan Simeulue), Kepulauan Riau, Lingga, Bangka, Belitung, serta Pulau Kalimantan termasuk Pulau Banggi, Jawa, dan Bali. Adapun perseebaran global meliputi wilayah selatan Myanmar (Tenasserim), wilayah selatan Thailand, dan Semenanjung Malaysia.

Makanan dan Habitat Hidup Burung Jingjing

 

Burung yang dalam bahasa melayu disebut dengan nama rembah sayap hitam ini cukup umum terlihat di daerah hutan tropis juga subtropis di dataran rendah atau perbukitan hingga ketinggian 1.100 – 1.500 meter di atas permukaan laut. Mereka hidup dalam koloni / kelompok kecil, berpasangan, atau terkadang terlihat bersama-sama burung jenis lainnya di berbagai habitat, termasuk pada hutan mangrove. Namun kebanyakan di jumpai di alam liar , burung ini memang cenderung lebih sering bersama dalam kawanan burung dalam artian burung ini memang jenis burung yang mudah bersosialisasi.

Di alam terbuka burung jenis ini lebih senang memburu beberapa serangga kecil seperti ulat, kupu-kupu, tempayak, laba-laba , jangkrik dan beberapa serangga kecil lainya yang memungkinkan untuk mereka tangkap untuk di makan.

Burung jenis ini memiliki kebaiasaan hidup yang cukup unik dimana pada bulan Mei – September burung akan terlihat lebih aktif. Apakah anda tahu apa penyebanya ? , menurut para peneliti di bulan – bulan tersebut burung lebih aktif bergerak dikarenakan burung masuk kedalam musim kawin atau berkembang biak.

Selain aktif bergerak , burung ini juga aktif dalam berkicau dan jika anda coba perhatikan silahkan bandingkan dengan suara burung sikatan yang memang hampir sama dengan suara burung jingjing batu ini.

Idealnya burung ini st masuk kedalam musim berkembang biak akan menghasilkan dua telur berwarna kehijauan dengan bintik warna coklat. Telur dari burung jingjing di letakan pada sarang berukuran kecil yang terbuat dari serabut halus yang dihiasi lumut kering, dan direkatkan dengan jaring laba-laba pada cabang-cabang pohon berdaun rindang.

Setelah anda semua mengetahui tentang kebiasaan hidup burung ini , dan apa saja yang dapat burung konsumi mungkin kini anda tertarik untuk memelihara burung tersebut. Guna mempermudah anda dalam memperkirakan harga dari burung ini di daerah anda , kami akan memberikan sedikit info yang dapat anda jadikan patokan supaya anda tidak terlalu salah dalam memberi harga burung atau hendak membelinya.

Burung jingjing batu biasa di jual dengan harga bekisar Rp.100.000 namun sebenarnya ini bukanlah harga baku dari burung tersebut. Jika kebetulan di tempat anda tinggal burung ini cukup populer maka harganya bisa melebihi apa yang kami sebutkan di atas , namun ini juga berlaku untuk sebaliknya.

Suara Burung Jingjing Batu

 

Setelah anda memutuskan untuk memelihara burung yang kita bahas pada kesemapatan kali ini , maka tak lengkap jika anda tidak memiliki perangkat – perangkat pendukung yang dapat anda jadikan alat bantu untuk melatih burung.

Beberapa alat bantu ini adalah kandang burung , makanan burung dan jug master dari burung terkait. Untuk master burung jingjing , disini kami sudah siapkan tiga buah suara burung pilihan yang dapat anda download untuk di perdengarkan kepada burung.

Waktu yang paling tepat untuk anda gunakan sebagai waktu memasteri burung adalah pada pagi dan sore hari. Jadi kami menyarankan anda untuk memutar audio yang kami berikan dibawah sini setiap pagi dan soreharinya.

 

Suara Burung Jingjing | Download

Burung Jingjing Masteran | Download

Kicau Burung Jingjing | Download

 

Dari setiap pembahasan yang kami berikan mengenai burung ini, semoga dapat membantu anda dalam mengenal lebih jauh tentang kebiasaan hidup dan apa saja yang bersangkutan dengan burung tersebut. Mungkin hanya sebatas ini yang dapat kami sampaikan kepada anda , apabila ada pertanyaan yang belum terjawab mengenai burung tersebut maka jangan ragu untuk meninggalkan komentar anda dibawah sini.

Semoga setiap info dapat anda terima dengan baik dan dapat bermanfaat untuk banyak orang. Jangan ragu untuk berkunjung ke gacoran.com lagi apa bila hendak mecari master suara burung lainya. Kami pamit dan salam kicau mania indonesia.

Gravatar Image
Kerja Keras Demi Meraih Kesuksan , Saya Mengapresiasi Setiap Kritik Supaya Lebih Maju Kedepanya. "Berubah Untuk Mengubah Diri Dan Lingkungan"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *