Burung Merak

Mengenal Burung Merak Berdasarkan Jenis Dan Asalnya

Mengenal Burung Merak | Pesona burung pemilik bulu yang cantik lagi menawan ini memang kerap kali terpancar ketika ia membuka ekornya. Burung genus pavo ini saat ini mungkin populasinya sudah tidak sebanyak dahulu , ini dikarenakan banyaknya pemburu yang mengincar burung untuk di pelihara atau di perjual belikan. Merak terbagi menjadi beberapa jenis atau lebih tepatnya terbagi menjadi 3 jenis diantaranya adalah burung merak putih , burung merak hijau dan burung merak biru.

Ekor burung merak memilik daya tarik tersendiri di mata manusia , yang membuatnya menjadi semakin menarik karena dapat di tegakkan atau di rentangkan sampai berukuran 3 – 5 kali lipat lebih besar dari besar badannya. Selain itu dalam ekor burung terdapat corak unik menyerupai bulatan – buulatan yang memiliki warna mencolok.

Dari ketiga jenis merak , yang paling mencuri perhatian gacoran adalah si merak biru. Burung merak berasal dari India, Pakistan, Sri Lanka, Nepal dan Bhutan. pernah juga di katakan jika burung jenis ini juga di temukan pada negara banglades namun kini populasinya di negara tersebut di katakan sudah punah menurut info terbarunya.

Burung Merak Jantan

 

Dalam burung merak , terdapat fakta – fakta yang mencengangkan yang patutnya anda ketahui. Yang pertama untuk burung pejantan merak , tahukah anda merak khususnya pejantan memiliki corka warna yang lebih indah di banding dengan betinanya. Sangatlah wajar jika keindahan dari pejantan ini lebih terpancar dari berinanya , dengan keindahan burung pejantan yang sangat menonjol ini , ia mampu mendapatkan perhatian betina dan memenangkan hatinya.

Momen yang paling tepat jika anda hendak melihat merak membuka sayapnya dalam sekala besar adalah pada musim kawin. Burung di musim kawin akan berlomba mengelurkan tarian terbaiknya dalam memperebutkan pasangan. Ciri dari merak pejantan yang dapat anda hafalkan adalah:

  • Memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari betina
  • Corak warna bulu lebih terang
  • Memili jambul pada bagian kepala
  • Dll

Sebenarnya masih banyak ciri dari burung penjantan , namun untuk lebih mudah menghafalnya kami sengaja memberikan list yang tidak terlalu banyak.

Burung Merak Betina

Anda pasti tahu jika burung merak terbang itu adalah momen langka yang mungkin tak semua orang melihatnya. Pasalnya jenis burung ini lebih senang menggunakan kakinya untuk berjalan dari pada menggunakan sayap untuk bergerak (terbang).

Kembali kepada merak betina , burung betina cenderung lebih kecil dibandingkan dengan pejantan dalam ukuran tubuh. Selain itu sudah jelas jika penampakan burung lebih puncat jika di bandingkan dengan pejantan . Untuk lebih jelasnya anda dapat mengetahui ciri betina dibawah sini:

  • Memiliki postur tubuh kecil
  • Bulu memiliki warna kusam / pucat

Dengan hanya menyebutkan dua ciri dari burung betina , ini akan lebih memudahkan anda dalam menghafalkanya sobat.

Fungsi Bulu Merak

Merak yang notabenya merupakan unggas dengan ukuran sedang memiliki pertahanan yang mudah sekali di tembus oleh pemangsa. Di tambah lagi burung jenis ini jarang sekali di temukan terbang untuk beraktifitas , dari sini tentu terdapat celah yang sangat besar dimana pemangsa dapat dengan mudah menghabisi / memangsanya.

Guna menghindari dari serangan pemangsa atau lawan , merak memanfaatkan bulu yang besar dan rentangnya yang cukup luas untuk mempertahankan diri dari predator. Saat merak merentangkan sayap ekor terlihat bagian tubuh merak akan menjadi besar , ini yang di gunakan merak untuk menakut – nakuti predator sehingga menghindar saat merak merentangkan sayap – sayapnya.

Itulah tadi pembahasan kita seputar merak , semoga dengan kami memberikan sedikit info menarik ini anda semua akan merasa terhibur dan dapat memperoleh ilmu baru yang bermanfaat. Sekian permbahasan kami , sampai berjumpa di pertemuan yang akan datang.

Gravatar Image
Kerja Keras Demi Meraih Kesuksan , Saya Mengapresiasi Setiap Kritik Supaya Lebih Maju Kedepanya. "Berubah Untuk Mengubah Diri Dan Lingkungan"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *