Burung Prenjak Gunung: Ciri Fisik, Suara Ngerol, Pikat

Burung Prenjak Gunung – Siapa yang tak kenal dengan salah satu burung berukuran kecil yang sering sekali berbunyi di pagi hari ini. Burung yang memiliki sebutan lain ciblek ini memang cukup populer di indonesia.

Tahukah anda jika burung prenjak masih terbagi menjadi beberapa sub spesies diantaranya adalah prenjak lumut , kepala merah dan prenjak bambu.  Dari semua jenis burung prenjak ini, untuk pembahasan kali ini gacoran akan berfokus untuk mengulas ciblek gunung / prenjak gunung.

Seperti Apa Ciri – Ciri Prenjak Gunung ?

Untuk mengenali burung prenjak jenis ini , anda bisa perhatikan fiskinya terlebih dahulu. Berdasarkan pengalaman yang admin ketahui, burung prenjak gunung memiliki tubuh yang sedikit lebih besar dari jenis ciblek yang lainnya.

Burung jenis ini diketahui memiliki bulu yang dominan warna coklat tua. Pada kepala burung terdapat bulu coklat bergaris hitam, dikatakan bulu bergaris hitam ini mirip seperti corak rakbut pada manusia ketika sedang di sisir.

Jika di perhatikan, burung prenjak gunung memiliki bulu ekor yang panjang. Dikatakan juga jika prenjak gunung memiliki ekor yang terpanjang di kelas burung prenjak atau ciblek.

Utulah tadi beberapa gambaran mengenai burung ini. Anda bisa perhatikan gambar di atas untuk mencocokan ciri yang kami berikan dengan foto yang kami suguhkan.

Suara Burung Prenjak

Meskipun penampakanya mungkin kurang menyenangkan, namun anda yang hobi memelihara burung tentu paham jika prenjak gunung memiliki kualitas dalam segi kicaunya.

Prenjak gunung di kenal memiliki suara yang keras dengan tempo kicau yang rapat atau bahasa kerennya burung ini memiliki speed rapat dalam berkicau.

Meskipun suara prenjak jenis ini fariasi kicaunya sangat sedikit atau monoton, itu tidak mengurangi peminat burung jenis ini.

Kenapa hal demikian bisa terjadi? , alasanya karena burung prenjak gunung bisa dijadikan burung pendamping untuk beberapa jenis burung lainya. Pemelihara kenari , kacer bahkan muarai sekalipun tak jarang memasukan suara burung prenjak ini untuk isianya.

Jika anda hendak mencari suara burung ciblek gunung gacor, kami sudah siapkan beberapa master yang berhasil kami kumpulkan untuk anda gunakan.

Audio 1 | Download

Audio 2 | Download

Audio 3 | Download

Audio 4 | Download

Audio 5 | Download

 

Tahukah anda jika burung prenjak yang dapat bersuara seperti master di atas merupakan burung pejantan. Jika anda hendak membeli burung jenis prenjak, umumnya burung ini di jual dengan model satu kandang dan anda di persilahkan untuk memilih.

Tentu di perlukan beberapa pengalaman untuk memutuskan membeli burung ini. Jika anda tidak memiliki pengalaman dalam membedakan burung pejantan dan betina, berikut ini tips membeli burung prenjak yang dapat anda ikuti.

Memilih Burung Prenjak Gunung

  • Pastikan anda memilih burung dengan perawatan yang besar.
  • Pilih burung yang lahap dalam makan.
  • Pilihlah burung yang paling aktif.
  • Pilih burung yang paling sering bersuara.

Nah untuk membesakan antara jantan dan betina silahkan anda simak beberapa hal berikut :

  • Burung pejantan corak warnanya lebih gelap di banding betinanya.
  • Kepala burung pejantan lebih besar di banding betina.
  • Paruh , cakar hingga sisik kaki burun ciblek janntan lebih kuat jika di bandingkan dengan betina.
  • burung jantan memiliki perawakan yang gagah.

Setelah anda memutuskan untuk membeli burung prenjak, apakah anda tahu cara perawatan yang baik untuk burung tersebut.

Jika anda tidak keberatan, izinkan kami untuk mempermudah anda dalam belajar. Anda yang mungkin berminat untuk belajar silahkan baca hal – hal menarik dibawah sini.

Bagaimana Cara Merawat Burung Prenjak ?

Memang perlu akui dalam merawat burung prenjak perlu perhatian khusus. Diperlukan beberapa pelatihan penting yang harus di lalui, apalagi jika burung peliharaan anda belum mau untuk memakan voer.

Untuk melakukan perawatan harian yang baik, anda pertama harus membiasakan burung supaya mau untuk mengkonsumsi voer. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mencampurkan buah buahan kedalam cepok voer.

Mula – mula memang burung akan kurang terbiasa. Namun ketika nanti burung sudah biasa untuk memakan sesuatu yang ada di cepuk makanan prenjak maka akan secara otomatis burung mau untuk memakan voer.

Setelah mau untuk memakan voer, anda bisa melakukan penerapan rawat harian yang kami sudah susun untuk anda dibawah sini.

  • Embunkan burung di waktu pagi ( Perhatikan Cuacanya ) waktu yang pas adalah jam 06 ;00
  • Setelah di embunkan burung bisa di mandikan
  • Jangan lupa untuk menjemur burung  ( Jangan sampai terlewat jam 13 ; 00 )
  • Berimakan burung , jangan lupa untuk mengisi cepuk airnya
  • Ketika malam anda bisa memutarkan master suara yang kami sudah bagikan di atas. Kami lebih menyarankan untuk anda mengkrodong kandang burung ketika memasteri
  • Lakukan hal berikut di hari – hari berikutnya hingga burung tidak giras dan semakin gacor.

Itulah tadi beberapa hal yang mungkin dapat membantu anda untuk melakukan perawatan terhadap burung prenjak gunung.

Dengan selesainya tips dan audio suara burung prenjak ini kami berikan, maka selesai juga lah perjumpan kita pada kesempatan kali ini. Semoga yang kami tulis ini bermanfaat dan sampai berjumpa lagi di pembahasan yang akan datang.

Leave a Comment