Kenari Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina Untuk Bakalan

Membedakan Kenari Jantan Dan Betina | Semua penghobi burung tentu mengenal nama burung ini , kenari yang notabennya merupakan burung kicau yang populer jadi tak heran orang yang baru turjun menjadi kolektor burung mengidolakanya untuk menjadi burung peliharaan.

Memiliki durasi kicau yang panjang dan merupakan burung yang bisa di latih untuk menirukan suara burung lainya, merupakan syarat wajib untuk di jadikan burung kicau. Jadi jika anda belum pernah memelihara burung ini maka tak sah kiranya anda di sebut dengan penghobi burung.

Dengan tubuhnya yang kecil kenari memiliki volume vokal yang mungkin tidak se-keras beberapa suara burung kicau lain. Namun untuk durasi kicau , burung kenari bisa di adu dengan beberapa burung dengan vokal panjang lainya.

Dengan kelebihanya ini , kenari menjelma menjadi salah satu burung yang saat sudah menjadi juara mampu menembus angka puluhan sampai dengan ratusan juta ketika hendak di jual. Bukankah ini merupaka harga yang cukup fantastis..?

Sepertinya ini terdengar sangat berlebihan di mata orang awam , namun di mata para penghobi burung kicau angka yang sedemikaian ini sangatlah lumrah. Sahabat pengunjung gacoran , jika bicara soal kenari tentu tak lengkap jika kita tak menguak beberapa hal yang cukup menarik tentang burung tersebut. Oleh karena itu silahkan ikuti pembahasan ini hingga selesai agar tahu lebih dalam tentang cara memilih burung kenari jantan bakalan dan cara membedakan antara pejantan dan betina dari burung tersebut.

Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina

 

Kenari di dunia ini terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya ada kenari lokal , kenari biru dan beberapa jenis burung kenari lainya. Dari semua jenis kenari ini , hampir semuanya sama jika burung pejantan lebih mahal harganya di banding dengan burung betina. Alasanya cukup wajar karena burung pejantan memiliki kicau yang lebih baik di bandingkan dengan betina dan kebanyakan orang memelihara burung tersebut hanya untuk di jadikan burung kicauan dan bukan di jadikan untuk ternak.

Nah untuk mebedakan keduanya , kami akan berikan ciri dari burung jantan terlebih dahulu dan kemudian di sambut dengan pembahasan tentang ciri burung betina.

Ciri Burung Kenari Jantan

  • Burung kenari jantan memiliki bentuk kepala yang cenderung pipih atau berbentuk datar.
  • Pen atau dubur nampak menonjol ke depan.
  • Postur tubuh lebih panjang di banding betina.
  • Ukuran kaki lebih panjang di banding betina.
  • Ukurna tubuh cenderung besar atau gagah.

Ciri Burung Kenari Betina

  • Bentuk tubuh bulat / tidak proposional
  • Kaki tidak se-jenjang seperti pejantan
  • Dubur atau pen betbentuk datar (Tidak menonjol)

 

Perbedaan yang kami sebutkan di atas tentu lebih mudah di pahami karena hanya nampak saat burung sudah berusa remaja / sudah bukan bakalan lagi. Lantas bagaimana mengetahui atau ciri dari burung kenari yang masih anakan (bakalan).

Mengetahui Kelamin Kenari Saat Masih Anakan

 

Burung kenari jantan saat berusia 7 hari secara fisik dapat di bedakan dengan betina jika melihat mata burung. Burung pejanta saat usia tersebut . Di kutip dari pemelihara kenari “Posisi mata kenari jantan akan tampak sejajar dengan paruhnya jika berusia kurang lebih satu minggu”.

Selain itu saat burung sudah masuk kedalam usia 2 – 3 minggu , burung kenari mampu untuk bergerak lincah. Di sini kita bisa ketahui jika burung termasuk kedalam jender yang mana. Burung pejantan mampu melompat dengan jarak yang lumayan jauh sedangkan betina tidak bisa , burung betina mampu melompat namun tidak sebaik burung pejantan.

Kedua ciri ini tentu sudah cukup membantu anda untuk mengetahui jender burung sejak dini. Untuk memper jelas atau sebagai pembanding yang paling tepat sebenarnya kenari jantan dan betina dapat di bedakan menggunakan 3 faktor dintaranya dengan memeperhatikan kepala burung , tingkah laku burung dan bentuk kloaka.

Bentuk Kepala

Sebenarnya ini sudah kita bahas di atas , dimana bentuk kepala pejantan cenderung pipih atau datar , selain itu ketika burung di identifikasi memiliki posisi mata yang sejajar dengan paruh kemungkinan burung adalah burung pejantan.

Tingkah Laku

Burung pejantan merupakan burung yang lebih mendominasi di banding betina , oleh karenanya ketika burung di indentifikasi merupakan burung pejantan pastikan jika ia memiliki sifat yang lebih agresif. Sedangkan untuk tingkah laku burung betina , ia lebih sering mengumpulkan ruput atau ranting kering untuk di susun menjadi sarang. Nah itulah sifat dasar yang di miliki burung jenis ini.

Kloaka

Kloaka dari burung pejantan memiliki bentuk yang cenderung lebih menonjol sedangkan untuk kloaka betina memiliki bentuk yang tak jauh berbeda namun sedikit kurang menonjol jika di bandingkan dengan pejantan, warna kloaka betina berwarna merah itulah yang membedakan keduanya.

Sahabat , mungkin ini saja yang dapat kami sampaikan kepada anda supaya anda lebih ahu perbedaan jantan dan betian dari burung tersebut. Bila mana anda memiliki informasi lain dan hendak menambahkanya kesini , kami membuka peluang untuk anda menambahkan hal tersebut dengan cara berkomentar dibawah sini.

Sekian pembahasan yang dapat kami sampaikan , semoga bermanfaat dan sampai berjumpa lagi di pembahasan yang akan datang.

Gravatar Image
Kerja Keras Demi Meraih Kesuksan , Saya Mengapresiasi Setiap Kritik Supaya Lebih Maju Kedepanya. "Berubah Untuk Mengubah Diri Dan Lingkungan"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *