Menghilangkan Kutu Pada Burung

Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Pada Burung Kenari Dll

Menghilangkan Kutu Pada Burung | Kutu merupakan musuh bagi manusia , bukan hanya berlaku untuk manusia saja ternayata kutu juga menyerang beberapa hewan lain seperti kerbau, sapi, ayam hingga burung. Khusus untuk burung , kutu yang menyerang biasanya akan merusak penampilan burung peliharaan anda.

Burung yang terserang kutu biasanya akan terlihat sering menyisir sayapnya. Jika di biarkan kutu bersarang di tubuh burung maka dapat di pastikan bulu dari burung akan menjadi repes karena termakan oleh kutu – kutu yang kurng ajar ini.

Sebelum belajar lebih lanjut tentang cara menghilangkan kutu ini , perlu anda ketahui jika burung yang terserang kutu umumnya memiliki pola hidup yang kurang di perhatikan oleh majikan. Burung yang hidup di dalam kandang cenderung lebih mudah terserang kutu jika kebersihan kandang tempatnya hidup jarang di bersihkan. Oleh karenanya mengingat mencegah lebih baik dari pada mengobati maka silahkan anda terapkan hidup bersih kepada burung supaya kecil kemungkinan burung akan terserang kutu.

Menghilangkan Kutu Pada Burung

 

Jika sudah terlanjur burung terserang oleh penyakit atau parasit berupa kutu ini , maka tak ada pilihan lain selain mengbati burung agar tidak merabah kemana – mana parasit kutu yang menyerang burung. Sebagai contoh kami menganalisis dan mengamati seorang pemelihara burung kenari.

Burung yang terkenal dengan suaranya yang panjang ini memang sangat menarik , dengan suara burung kenari durasi panjang tentu tidak etis jika burung memiliki bulu yang kerepes akibat rusak di serang kutu. Jika burung terserang kutu penanganan pertama yang dapat anda berikan adalah dengan memandikan burung sampai basah kuyup.

Tentu dalam memandikan burung anda harus memperhatikan cuaca ya sobat , kana jika wilayah tenpat anda tinggal sedang di landa musim penghujan memandikan burung pada waktu tersebut bukanlah hal yang pas karena malah akan berdampak buruk.

Penanganan Kenari Terserang Kutu

 

Bedasarkan survey lampangan di ketahui obat kutu burung terbaik yang memiliki harga terjangkau adalah sabun cuci piring. Sengaja kami tidak menyebutkan merek karena anda bisa menggunakan merek apa saja , namun kami lebih menyarankan untuk menggunakan si hijau aroma jeruk nipis.

Sudah tahu kan obat kutu yang kami maksud ? , Nah anda bisa mencampurkan sabut cuci piring tersebut guna memandikan burung yang terserang kutu. Bukan hanya kenari saja yang bisa di bersihkan kutunya dengan menggunakan sabun cuci piring tersebut.

Anda bisa menerapkan kepada burung lain seperti Kacer , Merpati / Dara dan macam – macam jenis burung lainya. Jika anda ragu untuk menggunakannya kepada burung dengan harga mahal tentu alangkah baiknya jika anda berkonsultasi dengan dokter hewan.

Namun jika anda tidak ragu dengan pengalaman yang kami bagikan ini , sebagai penguat kami akan menceritakan pengalaman seorang pemelihara kenari bernama Dody Gondrong. Ia mengatakan sudah sering menggunakan metode ini untuk menghilangkan penyakit dan efeknya sangat positif. Ia juga mengatakan jika dengan memandikan burung menggunakan sabun cuci piring ini dapat menurunkan birahi pada burung. Jadi burung yang OB ( Over Birahi ) sangat cocok untuk di terapi menggunakan mandi sabun ini. Selain itu ia juga bercerita tentang pengalamanya dalam memandikan burung , belum pernah satupun burung peliharaanya mati karena di mandikan menggunakna sabun ini. So ini sangatlah aman untuk di terapkan di rumah.

Agar anda tidak salah dalam pengaplikasian untuk memandikan burung , kami akan memberikan tutorialnya dibawah sini.

Cara Memandikan Burung

  • Campurkan lima tetes sabun cuci piring dengan setengah botol spray air yang sering di gunakan untuk memandikan burung.
  • Kocok botol hingga berbusa atau tercampur antara air dan juga sabun.
  • Semprotkan secara merata ke bagian bulu burung , terutama pada sayap hingga bintik hitam yang berupa kutu dan telurnya keluar.
  • Perlu di ingat jika anda hendak memandikanya dengan air sabun ini , hindari areal kepala karena rawan sekali terkena mata yang dapat membuat mata burung menjadi perih.
  • Madi dengan mengguakan sabun ini tidak perlu di bilas, anda bisa menjemurnya langsung di terik matahari atau dengan di angin angiankan.
  • Setelah di rasa agak kering , anda bisa memberikan cepuk berisi air supaya burung mandi sendiri.
  • Alternatif kedua adalah anda bisa memasukan burung kedalam kerambah mandi supaya lebih leluasa.

Cukup mudah bukan cara yang kami bagikan kepada anda , namun belum selesai di sini pembersihan kutu pada burung. Anda harus menuntaskan tugas anda dengan mencegah pernularan kutu yang dapat terjadi akibat dari anda membersihkanya.

Mencegah Penularan Kutu Burung

 

Setelah anda memandikan burung , biasnaya kutu dan telurnya akan berjatuhan dalam kandang burung dan juga kerambah tempat burung mandi. Untuk menghindari penularan ini , baiknya tepat yang sudah anda gunakan sebelumnya anda bersihkan dengan cara di cuci.

Selanjutnya anda hanya perlu menjemur dan jangan di gunakan dalam kurun waktu kurang lebih 2 – 3 hari. Agar lebih aman kami menyarankan untuk menggunakanya setelah 1 minggu sejak hari pembersihkan kandang atau kerambah.

Metode lain yang dapat anda terapkan untuk mencegah penularan adalah , dengan mengkrodong kandang burung yang belum terserang kutu ataupun burung yang terjangkit parasit tersebut. Dengan begini resiko penularan kutu akan menjadi sangat kecil.

Baiklah sobat gacoran.com kami sudah menjelaskan beberapa metode tentang cara mengobati dan mencegah penyakit kutu dari burung peliharaan anda. Ingat seperti yang sudah kami katakan di atas jika lebih baik menegah dari pada mengobati. Yang artinya jagalah kebersihkan burung dan tempat tinggalnya sebelum kutu ini menyerang.

Sekian perjumpaan kita yang berharga ini , semoga dengan kami membagikan tips ini anda akan merasa lebih mudah dalam mengatasi hal tersebut. Gacoran.com hanya dapat mengucapkan terimakasih karena sudah berkunjung dan sampai berjumpa lagi di pembahasan yang akan datang.

Gravatar Image
Kerja Keras Demi Meraih Kesuksan , Saya Mengapresiasi Setiap Kritik Supaya Lebih Maju Kedepanya. "Berubah Untuk Mengubah Diri Dan Lingkungan"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *