Cara Merawat Jalak Suren Mabung Yang Tepat

Cara Merawat Jalak Suren Mabung – Pemelihara burung jalak patutya sadar jika dalam memelihara burung terdapat beberapa fase yang mustinya di lewati.

Salah satunya adalah fase dimana burung mengalami pergantian bulu atau lebih akrab di sebut dengan mabung. Dalam fase ini burung jalak suren biasanya mengalami banyak perubahan , dari perubahan sikap dan juga pola makanya.

Oleh karena itu anda yang mungkin memelihara burung yang sedang mabung, patutnya anda semua belajar terlebih dahulu tentang Bagaimana cara merawat burung jalak suren?

Merawat Jalak Suren Mabung

Merawat jalak suren yang sedang mabung memang bukan pecara yang mudah. Namun asal anda tahu tentang tips peraatanya mungkin hal ini tidak akan membuat anda kesulitan. Baik burung jalak suren jantan maupun betina pasti mengalami proses ini.

Bagi beberapa orang yang belum paham tentang siklus hidup unggas atau burung pastilah mengami pertanyaann dalam dirinya. Kenapa bulu burung jalak rontok? dan beberapa pertanyaan lain yang kadang mengganggu pikiranya.

Agar anda semua tidak merasa bingung akan hal tersebut, maka kami akan memberikan sedikit alasan yang patinya bermanfaat.

Bulu burung merupakan anggota tubuh yang sudah ada dari burung berusia muda atau bahkan sedari beberapa hari setelah menetas. Bagi burung yang berusia muda, bulu berfungsi untuk melindungi diri dari udara dingin yang menusuk atau supaya tetap menjaga suhu tubuh burung.

Bulu pada burung ini jika di gambarkan dalam kehidupan manusia mungkin bisa di samakan dengan gigi. Anda pasti pernah mengalami gigi susu anda tanggal bukan ?

Pastinya gigi tersebut sudah kembali tumbuh dengan gigi baru yang lebih kuat dan kokoh. Begitu pula dengan bulu burung jalak suren. Bulu jalak suren rontok supaya bulu baru yang lebih baik tumbuh di tubuh burung jalak.

Berapa lama burung jalak suren mabung?

Burung jalak suren mengalami fase mabung di beberapa bulan pertama yakni pada usia 4 sampai dengan 5 bulan. DI umur tersebut burung beganti bulu atau mabung untuk pertama kali.

Sedangkan untuk mabung selanjutnya mungkin akan sulit di prediksi. Hal ini di sebabkan faktor makanan burung, jika burung sering di jor makanan seperti voer dan lain sebagainya yang memiliki protein yang tinggi maka akan secara otomatis fase mabung akan semakin cepat terjadi.

Tindakan Dalam Menangani Jalak Mabung

Ada beberapa tindakan yang dapat anda ambil untuk menangani burung jalak suren mabung. Mungkin jika di simak secara seksama perawatan dari burung mabung akan mirip seperti menangani jalak suren terkena penyakit. Ini semua karena memang di butuhkanya penanganan extra dalam mengahadapinya.

Di katakan burung jalak suren mabung memiliki mental yang tidak stabil. Ibarat mesin di fase mabung ini burung seperi di reset. Jika awalnya burung gacor maka setelah mabung ini selesai maka burung bisa menjadi burung yang tidak gacor.

Jadi hati Рhatilah dalam melakukan perawatan burung mabung pada jalak suren ini. Langkah pertama yang dapat anda kerjakan adalah dengan rutin untuk memberikan multivitamin yang khusus membantu mempercepat mabung.

Supaya lebih baik dan efesien kami menyarankan anda untuk mengatur jadwal dalam pemberian multifitamin ini. Burung yang sedang mabung cukup mudah stres jadi letakan sangkar jalak suren yang sedang mabung pada tempat yang dingin atau lembab.

Tempat yang lembab akan membuat burung lebih stabil jika dibanding dengan tempat yang kering dan panas.

Mengkrodong kandang burung juga merupakan tindakan yang tepat. Selain menghindari pengelihatan jalak suren dari predatornya dengan mengkrodong kandang burung akan lebih fokus kepada proses perontokan bulu.

Perlu di ingat anda juga perlu memperhatikan asupan makan burung, manjakan burung dengan memberinya Extrafooding yang banyak mengandung vitamin dan protein.

Jangan lupa pula untuk mengisi air minum burung, selain itu anda juga bisa memutar suara burung cucak jenggot. Masa ini sangat penting untuk mendidik burung supaya memiliki vokal yang menarik dan meningkatkan kualitasnya setelah mabung.

Leave a Comment