Cara Merawat Murai Batu Trotol Agar Cepat Mabung

Cara Merawat Murai Batu Trotol | Penghobi burung patilah tahu betul jika burung murai batu merupakan rajanya burung kicau. Untuk mendapatkan burung ini kebanyakan orang rela mengeluarkan dana yang terbilang tidak sedikit , oleh karena itu guna mensiasati atau meminimalisir pengeluran dana untuk memelihara burung murai ini banyak diantara mereka memilih untuk memelihara burung murai sedari kecil atau istilah pasaranya adalah murai trotol.

Sebenarnya banyak sekali keuntungan yang di dapat dari pemelihara burung murai batu trotolan diantaranya adalah burung akan lebih jinak karena di rawat sedak kecil dan yang kedua adalah menghindari pengeluaran dana yang lebih besar ketika membeli murai batu dewasa.

Murai batu yang sudah dewasa tentu sudah tidak diragukan lagi kemampuanya saat berkicau, suara burung murai batu dewasa cenderung sudah di isi oleh beberapa masteran yang terdiri dari suara burung lainya yang pastinya sangat luar biasa.

Cara Merawat Murai Batu Trotol

 

Dalam memilih murai batu anakan atau trotolan tentu tidak boleh asal – asalan , pilihlah burung yang memang memiliki turunan juara supaya paling tidak kemampuan dari sang indukan akan terwariskan kepada anak – anaknya. Bukanya sanyang jika anda nanti sudah bekerja keras untuk membesarkan burung yang bukan turunan juara dan akhirnya anda akan kecewa karena burung tidak sesuai dengan yang di harapkan. Oleh karena itu tips pertama yang perlu anda ambil adalah perhatikan bibit , bebet dan bobot burung.

Padaumunya pemeliara burung mengambil burung murai di usia 1 bulan karena pada usia tersebut paling tidak burung sudah bisa mengkonsumsi voer. Berikan perawatan yang intensif pada waktu – waktu tersebut seperti berilah vitamin kepada burung dan mandikan juga jemur burung secara rutin.

Diwaktu inilah karakter vokal burung mudah sekali untuk di bentuk , sebagai pemanasan anda dapat memberikan beberapa master yang terdiri dari suara burung cililin , jika anda tidak memiliki master dari suara burung tersebut anda masih bisa memberikan master yang memiliki karakteristik suara halus , monoton yang peting terdengar tajam.

Pada waktu – waktu seperti ini burung murai tidak boleh terlalu banyak mendengar suara burung lainya apalagi yang terdengar bising. Sebaiknya pemasteran yang diberikan kepada burung di lakukan pada area yang tertutup supaya lebih mudah burung dalam meresap setiap suara burung yang di putar.

Bahan murai batu trotolan gacor akan terlihat ketika ia sudah memasuki usia 2 bulan. Di usia tersebut , anda dapat melatih burung untuk mandiri untuk mandi jadi siapkan kerambah atau keparan yang menyediakan kolam air untuk burung mandi didalamnya.

Burung murai batu anakan letika dimasukan kedalam kerambah akan masuk kedalam air secara alami, naluri ini tentu sudah terasah kepada burung tersebut karena burung murai merupakan jenis burung cerdas jadi anda tidak perlu menghawatirkan hal tersebut.

Lakukan kegiatan yang sudah kami beritahukan kepada anda ini selama 5 bulan sejak hari pertama anda memeliara burung tersebut. Jika anda melakukan tips ini dengan benar maka di usia ini burung akan mabung untuk pertama kalinya. Seperti burung mabung lainya , anda juga harus menghindarkan burung dari area terbuka karena burung akan terlihat brondol dan mentalpun kurang mantap ketika mabung.

Jika burung anda belum mabung juga dalam kurun waktu tersebut biasanya anda harus menunggu waktu yang lebih seperti 7 bulan setelah anda pelihara burung tersebut. Waktu ini cukup normal untuk menunggu proses mabung tiba , jika selama umur burung belum lebih dari 7 bulan berarti perkembangan burung masih terbilang normal.

Merawat Murai Batu Trotol

 

Ketika sudah mabung burung yang sedang anda pelihara sudah tidak dapat di bilang menjadi burung trotolan melainkan sudah berubah menjadi murai batu muda. Dengan perawatan dan juga pendidikan yang anda berikan kepada burung , tentu saat usia burung masih muda sudah mampu berkicau dengan ngeplong.

Sebuah kebanggan bagi anda yang memang berhasil merawat burung murai batu sedari kecil , jika anda tetaten untuk memperdengarkan master suara burung lainya maka dalam kurun waktu tertentu burung akan lebih dasyat ketika sudah memasuki usia dewasa. Berikut ini beberapa contoh suara murai yang sudah di lakukan perawatan dengan baik :

Suara Murai Medan | Download

 

Demikian tadi info yang dapat kami sampaikan kepada anda semua , semoga yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk banyak orang khususnya anda. Jika anda pertanyaan menyangkut pembahasan kali ini , jangan ragu untuk berkomentar dibawah sini.

Leave a Comment