Ternak Burung Lovebird

Cara Ternak Lovebird Supaya Cepat Bertelur Dan Menetas

Cara Ternak Lovebird | Hampir semua orang tentu paham jika burung lovebird merupakan spesies burung yang cukup laku di pasaran. Ini tentu merupakan celah bisnis yang baik mereka yang menginginkan tambahan masukan dalam kebutuhan sehari – hari. Selain dari hobi memelihara burung , tentu kita harus mendapatkan keuntungan dari hobi tersebut supaya dapur tetap ngebul dan istri semakin sayang.

Bicara soal busidaya lovebird atau ternak burung lovebird , banyak sekali metode yang dapat anda gunkan salah satunya dengan membuat kandang besar dan masukan beberapa pasang burung lovebird kedalam kandang tersebut. Secara naluri burung akan membuat sarang di dalam kandang tersebut , namun anda juga harus mendukung pembuatan kandang tersebut dengan menyediakan kelapa yang sudah di lubangi dan di gantung atau dengan memberikan beberapa serabut kelapa kedalam kandang untuk di susun oleh burung lovebird peliharaan anda.

Sebutan untuk cara ternak di atas adalah cara ternak lovebird koloni , kelemahan menggunakan metode ini adalah pengeluaran modal yang cukup besar mengingat untuk memperoleh hasil ternak yang banyak anda harus menyiapkan paling tidak 4 – 5 pasang kedalam kandang tersebut.

Cara Ternak Lovebird

 

Karena kelemahan dari cara ternak yang kami sebutkan di atas maka kini banyak bermunculan inofasi yang cukup mutakhir yang mana menarik untuk kita bahas. Sebelum memulai untuk membahas tentang cara ternak burung tersebut , anda perlu mengetahui tentang type atau jenis burung lovebird yang hendak anda ternakan.

Ini bertujuan untuk mengetahui berapa masukan yang mungkin anda bsia dapatkan dengan membudidaakan burung tersebut. Kenapa demikian ? , ini dikarenakan jenis burung memperngaruhi harga burung lovebird yang antara satu dan lainya tentu berbeda.

Selain dari hal di atas anda juga perlu memperhatikan tempat yang cocok untuk ternak lovebird dimana edealnya burung lovebird yang di ternak di tempkan pada tempat yang sepi. Namun jika anda memiliki kawasan hidup yang dimana aktifitas manusia sangat ramai maka anda perlu mempelajari ternak lovebird di tempat ramai yang caranya sedikit berbeda dengan ternak di kawasan yang sepi.

Setelah mempersiapkan tempat berternak , pastikan anda tidak salah memilih indukan. Indukan burung wajib hukumnya ber-usia matang atau dewasa, ini bertujuan supaya anda tidak terlalu banyak memakan waktu untuk menunggu burung bertelur.

Setelah anda mengikuti prosedur yang kami ucapkan di atas , maka selanjutnya anda bisa melakukan beberapa tips yang akan mendukung keberhasilan dalam berternak lovebird.

Memasang Lampu Full Spektrum Dalam Kandang Ternak

 

Dengan anda memasang lampu full spektrum ini maka lampu akan menjaga suhu ruangan atau kandang burung supaya berada dalam suhu normal. Jadi anda tidak perlu takut jika memiliki kandang burung di ruangan tertutup yang kurang sekali asupan matahari.

Cara ini sering kali di gunakan oleh mereka yang melakukan ternak lovebird dengan metode ternak lovebird tanpa sinar matahari. Setelah anda menempakan lampu pada kandang ternak burung , anda juga perlu menunjang produktifitas burung dengan memberikan beberapa asupan makanan yang bergizi.

Selain daripada makanan , anda juga perlu menyediakan beberapa suplemen yang penting anda berikan kepada burung.

Suplemen Untuk Burung Lovebird

 

Seplemen di berikan kepada burung bertujuan untuk memaxsimalkan produktifitas telur. Selain daripada itu dengan anda memberikan suplemen kepada burung akan berdampak kepada kesehatan burung tersebut ( Burung indukan ).

Sedangkan untuk jangka panjangnya dengan anda memberikan suplemen kepada burung , resiko anakan menjadi sakit – sakitan dan juga resiko telur tidak menetas akan menjadi sangat kecil.

Oleh karena itu ada baiknya jika anda berikan suplemen kepada burung , karena meskipun tidak wajib namun efek yang di timbulkan juga sangat besar.

Penyebab Lovebird Susah Bertelut atau Gagal Menetas

 

Dalam budidaya kegagalan merupakan sesuatu yang wajar , namun jika kegagalan ini terus menerus berarti ini sudah sangat tidak wajar. Kebanyakan orang gagal memahami kesalahan yang dapat terjadi ketika memulai membudidayakan burung.

Oleh karena itu kami akan beritahukan beberapa hal yang mungkin anda pernah alami ketika menemui kegagalan dalam budidaya.

Terdapatnya ganguan dari hewan lain , jika anda pernah menemui tiba – tiba telur hilang maka mungkin ini ganguan dari predator yang kerap memakan telur seperti tupai , tikus sampai dengan ular. Jadi kami sarankan untuk anda yang hendak membudidayakan burung jenis apa pun jangan sampai anda membiarkan hewan – hewan yang kami sebutkan di atas mendekati kandang anda.

Ini yang mungkin belum banyak orang yang tahu , dimana lovebird betina yang dikawinkan termasuk persilangan antara burung lovebird klep dengan burung lovebirdnon-klep. Keturunan lovebird atau filial pertama hasil dari persilangan ini, yang biasa dikatakan semi-klep.

Ini dikarenakan burung yang termasuk kedalam semi-klep memiliki sifat infertil dimana tidak berhasil menghasilkan telur. 

Faktor ketiga yang membuat orang gagal dalam ternak adalah salahnya memilih pasangan. Burung lovebird merupakan burung yang agak sulit di bedakan antara jantan dan betina karena sama – sama piawai dalam berkicau dan sama – sama memiliki corak tubuh yang indah. Bahkan bagi mereka yang mungkin belum lama mengenal lovebird ia tidak akan dapat membedakan antara suara burung lovebird jantan dan betina.

Dalam beberapa kasus sering terjadi burung di jodohkan dengan satu jender yang sama dan tentu saja dengan melakukan hal tersebut burung tidak akan mempu untuk bertelur.

Nah itulah tadi beberapa pengalaman yang tentunya dalat membantu anda dalam memulai untuk ternak burung lovebird. Jika anda seorang pemula , maka mungkin ini akan sangat membantu untuk anda. Semoga dengan kami memberikan tips ini banyak orang akan terbantu. Sekian dari kami gacoran.com dan sampai berjumpa lagi di pembahasan yang akan datang.

Gravatar Image
Kerja Keras Demi Meraih Kesuksan , Saya Mengapresiasi Setiap Kritik Supaya Lebih Maju Kedepanya. "Berubah Untuk Mengubah Diri Dan Lingkungan"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *