Perbedaaan Cendet Kembang Dengan Cendet Biasa

Burung Cendet Kembang – Memiliki julukan yang sama namun berasal dari falmily yang berbeda. Siapa yang menyangka jika sebenarnya burung cendet kembang sebenarnya tidak ada hubungan kekerabatan dengan burung pentet alias cendet.

Burung yang bernama asli cici matahari ini meskipun memiliki kemiripan dengan keluarga burung cendet sebenarnya merupakan burung jenis lain. Hanya saja sebutan yang di sematkan kepada burung ini memiliki nama cendet.

Berdasarkan kajian peneliti mengenai burung di ketahui jika burung cici matahari alias cendet kembang ini merupakan burung yang tergolong kedalam keluarga timaliidae.

Sedangkan untuk cendet sendiri merupakan burung yang tergolong kedalam keluarga lanidae. Lantas kenapa burung ini memiliki julukan cendet maskipun burung ini bukan keluarga ianidae ?

Faktor yang paling mendekati kenapa burung ini memiliki julukan cendet tentu tidak lain ialah karena ia memiliki kemiripan dalam bentuk dan juga corak warna yang mana memang tidak jauh berbeda.

Membedakan Cendet Kembang dan Cendet Biasa

Untuk memedakan burung cici matahari alias cendet kembang dengan cendet biasa memang cukup sulit. Karena selain memiliki kemiripan bentuk, keduanya memiliki makanan yang sama pula.

Burung cendet kembang kerap kali mengkonsumsi uah-buahan seperti pepaya dan juga pisang dimana memiliki tekstur yang lunak. Tak jarang burung ini berburu makanan berupa serangga kecil seperti ulat, jangkrik, katak kecil, kupu-kupu bahkan ikan kecil yang ada di sungai atau rawa.

Lantas bagaimana membedakan kedua jenis burung ini ?

Berikut ini ulasan lengkap yang dapat anda gunakan untuk membedakan kedua jenis burung antara burung cendet kembang dan juga burung cendet pada umumnya.

Ciri Cendet Kembang

Ciri Burung Cendet Kembang

  • Cendet kembang memiliki sayap warna coklat tua dan ada motif sedikit bergaris di daerah punggungnya
  • Ia memiliki iris mata berwarna merah menyala
  • Memiliki suara atau kicau yang cukup baik, tak ayal burung cendet ini menjadi salah satu burung yang populer di pelihara oleh penikmat burung kicau
  • Memiliki kebiasaan hidup secara berpasang – pasangan tentu sangat berbeda jauh di bandingkan dengan burung cendet pada umumnya yang memiliki sifat fihter / tori – torial

Itulah ciri dan beberapa sifat cendet kembang yang perlu anda ketahui. Cendet kembang sendiri kerap kali di temukan di wilayah dengan pepohonan yang masi asri.

Di tempat tersebut burung jenis ini dapat berkembang biak dengan baik dan juga mampu menjadikan populasinya tetap terjaga.

Namun berdasarkan info yang baru saja diperoleh di ketahui jika burung jenis ini keberadaanya sudah cukup sulit di temui. Mungkin ini di pengaruhi oleh merakya pembukaan laha – lahan hutan oleh manusia yang menyebabkan habitat burung semakin menipis.

Bukan tampa dasar kami mengupakan hal ini karena berdasarkan data yang di langsir dari Bird Life International, menyatakan jika burung ini sudah cukup langka bahkan terancam punah.

Untuk mengetahui burung endemik ini anda mungkin bisa berkunjung di wilayah Jawa Barat yang menjadi wilayah penyebaran burung jenis ini dan juga burung cendet jawa.

Merawat Burung Cendet Kembang

Cendet kembang memiliki kemampuan berkicau yang sangat apik. Sudah kami katakan di atas jika hal ini membuatnya menjadi banyak di minati pecinta burung kicau. Namun apakah anda tahu bagaimana melatih burung ini secara baik dan benar.

Anda yang berminat melatih burung tersebut silahkan lakukan rawatan harian seperti yang tertera dibawah sini.

  1. Saat pagi hari cuca cerah anda dapat melakukan pengembuan kepada burung di jam 06 -00 sampai dengan 07:00
  2. Setelah proses pengembunan kepada burung anda bisa memandikan burung dengan menggunakan syampo yang di campurkan air dan di semprotkan menggunakan spray
  3. Jangan lupa untuk membilas sampo pada bulu burung
  4. Selanjutnya jemur burung
  5. Bersihkan juga kandang burung dari kotoran burung dan lain sebaginya
  6. Isi ulang air minumnya
  7. Ganti makanan burung
  8. Berikan Ef ketika bulu burung sudah mengering
  9. Putarkan suara burung yang sudah gacor
  10. Saat sore hari anda bisa memasukan burung kedalam rumah dan mengkrodongnya
  11. Lakukan berulang di hari selanjutnya

Rawatan harian burung cendet kembang ini bisa anda lakukan 3 kali dalam seminggu. Tentu hasilnya tidak akan anda dapatkan secara instan, paling cepat dalam waktu 2 bulan anda bisa menengok perkembangan burung jenis ini.

Bagaimana cara mengetahui burung sudah berkembang atau gacor ? Caranya cukup mudah anda hanya perlu melakukan trening dengan burung lainya atau burung sejenis.

Jika burung mau untuk saut menyaut dalam berkicau hal ini tentu merupakan keberhasilan bagi anda yang sudah melakukan tahapan yang sudah kami sediakan di atas.

Harga burung cendet sebenarnya cukup beragam, untuk burung cendet kembang ini anda mungkin jangan heran jika dapat di jual dengan harga yang lumayan fantastis mengingat burung ini cukup sulit di temukan.

Baiklah teman, kami rasa pembahasan kali ini mungkin sampai di sini saja. Sebelumnya kami ucapkan terimakasih untuk anda yang sudah mau mampir untuk berkunjung dan sampai jumpa lagi di pembahasan yang akan datang.

Leave a Comment