Ciri Burung Cucak Jenggot Jawa Yang Bagus

Burung Cucak Jenggot Jawa – Salah satu spesies burung yang memiliki kemampuan berkicau dengan baik di mililiki oleh burung yang berjulukn cucak jenggot. Burung yang kerap kali di jadikan burung perlombaan ini memang cukup familiar di indonesia.

Cucak jenggot merupakan spesies burung yang termasuk kedalam keluarga dekat dari  cucak rawa dan cucak ijo. Title jenggot di berikan kepada unggas satu ini dikarenakan memang terdapat bulu yang tumbuh dengan lebat pada bagian dagu burung.

Bulu yang tumbuh dengan lebat pada bagian dagu ini membentuk layaknya jenggot, karena burung ini tergolong kedalam keluarga burung cucak maka tak salah jika ia di beri julukan cucak jenggot.

Bicara soal burung jenis ini, tahukah anda jik sebenarnya burung cucak jenggot masih terbagi menjadi beberapa jenis. Untuk jenis dari cucak jenggot sendiri umumnya dibagi berdasarkan wilayah penyebaran dari burung tersebut. Dan untuk pembahasan kali ini gacoran akan mengupas spesies cucak jenggot jawa.

Burung Cucak Jenggot Jawa

Sesuai dengan namanya spesies burung cucak jenggot jawa memiliki wilayah penyebaran yang hanya berada di pulau jawa dan beberapa pulau sekitarnya. Tahukah anda jika cucak jenggot jawa merupakan spesies burung yang tumbuh dengan anggota badan yang besar.

Ketika sudah dewasa spesies burung ini mampu tumbuh dengan ukuran tubuh mencapai 22 Cm. Ukuran tubuh yang cukup besar di banding dengan beberapa jenis burung cucak lain.

Bagi anda yang belum mengenali spesies burung jenis ini, kami akan sediakan beberapa ciri cucak jenggot yang dapat anda semua pelajari.

Ciri Burung Cucak jenggot

  • Tubuh Berukuran 22 Cm
  • Memiliki Jambul Tegak
  • Pada Dagu Sampai Tenggorokan Tumbuh Bulu Halus Memanjang Layaknya Janggut
  • Pada Bagian Tubuhnya Di Dominasi Bulu Berwana Hijau Zaitun
  • Dada, Perut dan Tungir Burung Di Selimuti Bulu Warna Kuning
  • Untuk Cucak Jenggot Jawa Jantan Memiliki Postur Tubuh Tegap dan Suara Cucak Jenggot Yang Bagus
  • Patuh Hitam Tebal
  • Bulu Ekor Panjang
  • Kaki Hitam dan Panjang

Itulah tadi ciri dari burung cucak jenggot jawa, selanjutnya anda juga perlu mempelajari habitat hidup dari burung jenis ini.

Habitat Asli Dan Kebiasaan Hidup Cucak Jenggot

Burung cucak jenggot memiliki kebiasaan hidup yakni menyukai tempat yang lembab. Oleh karena itu tempat seperti rawa merupakan wilayh yang strategis bagi burung tersebut. Jika anda ingin menangkap burung ini anda bisa mencari tempat yang lembab kshususnya semak – semak yang memang menjadi tempat untuk burung tinggal.

Semak – semak yang tidak jauh dari aliran air merupakan tempat yang bisa di jadikan burung cucak jenggot sebagai rumah. Burung cucak jenggot sendiri merupakan burung yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Untuk harga cucak jenggot jawa bisa di bandrol dengan harga lebih dari 200.000 per ekornya.

Sedangkan untuk burung cucak jenggot betina mungkin bandrolnya tidak akan jauh meninggalkan anggka yang kami sebutkan di atas.

Oh iya pelu anda ketahui jika burung ini dapat anda jumpai di berbagai wilayah diantaranya Jawa Timur, Jawa Barat, serta di Jawa Tengah. Selain cucak jenggot jawa di tempat tersebut anda juga bisa menemukan spesies lain seperti cucak jenggot mini.

Baiklah teman – teman, dari pembahasan mengenai burung cucak jenggot jawa mungkin sampai disini saja. Jika teman – teman membutuhkan info lain mengenai ulasan kali ini. Silahkan ajukan pertanyaan anda dengan cara berkomentar dibawah sini.

Semoga yang kami bagikan ini bermanfaat untuk banyak orang, silahkan kembali berkunjung jika ingin mempelajari info menarik lainya dan sampai berjumpa lagi di pembahasan yang akan datang.

Leave a Comment