Cucak Kopi Melayu

Ciri Burung Cucak Kopi Melayu Serta Habitatnya

Ciri Burung Cucak Kopi Melayu | Indonesia selain terkenal karena wilayahnya kepulauan , indonesia juga terkenal karena keragaman satwa endemiknya yang cukup banyak. Salah satunya adalah burung cucak kopi melayu , burung ini meruput lembaga yang mengsurfei keragaman satwa indonesia menyatakan jika burung jenis ini hanya terdapat di NKRI ini.

Suatu kebanggan tersendiri tentunya untuk kita semua jika burung ini hanya ada di negara tercinta ini. Burung yang bernama latin Pomatorhinus Montanus ini karena hanya tersebar di indonesia maka bisa di katakan jikalau burung tersebut merupakan burung endemik indonesia.

Burung Cucak Kopi Melayu

 

Burung Cucak Kopi Melayu

Wilayah pesebaran burung ini meliputi beberapa pulau besar dan kecil di seluruh indonesia, Adapun burung ini sering kali terlihat pada beberapa pulau seperti Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan dan beberapa pulau kecil lain di sekitar pulau tersebut.

Sesuai dengan namanya , burung ini tergolong kedalam jenis burung cucak yang berarti masih berkerabat dengan beberapa jenis cucak lainya. Burung cucak sendiri yang merupakan endemik indonesia adalah Cucak Rowo dan Cucak Ijo dan beberapa jenis cucak lainya.

Setelah anda mengetahui tentang pesebaran burung , tentu tidak lengkap jika anda tidak mengetahui tentang habitat hidup burung tersebut. Burung ini kerap mendiami atau menghuni hutan – hutan yang memiliki dataran tinggi dan kadang juga bisa di jumpai pada wilayah hutan yang tergolong ke dalam dataran rendah.

Kebiasaan hidup burung jenis ini tidak terlalu senang berkelompok , jika anda beruntung anda bisa melihat burung tersebut dalam jumblah kecil mencapai 3 – 4 ekor dalam satu kawanan.

Ciri – Ciri Burung Cucak Kopi Melayu

 

Burung Cucak Kopi Melayu Gacor

Burung cucak kopi jantan memiliki perawakan yang berukuran kecil berkisar 24 Cm saja , dengan penampakan warna merah karat yang terdapat pada bagian punggung dan juga yang ada pada bawah sayapnya. Sedangkan untuk bagian kepalanya berwarna hitam keabu-abuan yang mencolok.

Pada bagian belakangnya mata terdapat garis panjang yang berwarna putih dan di bagian dagu hingga di bagian perutnya didominasi oleh warna putih bersih yang cerah.

Ekor burung memiliki ukuran yang agak panjang berwarna selaras dengan punggung dan sayapnya. Pada paruh burung memiliki ukuran yang juga agak panjang,dengan warna kuning tua.

Makanan Cucak Kopi

 

Cucak kopi di alam liar bisa memakan beberapa jenis makanan yang terdiri dari buah – buahan dan juga serangga – serangga kecil. Untuk makanan yang termasuk kedalam serangga , jika anda ingin memelihara burung tersebut anda bisa memberikan ulat hongkong , jangkrik ,belalang dan juga kroto atau ulat lainya.

Untuk makanan dari jenis buah – buahan , anda bisa memberikan burung tersebut beberapa jenis buah seperti pisang dan juga pepeya. Anda juga bisa memberikan makanan buah kepada burung tersebut , caranya cukup gantungkan buah – buahan lain dan gantung kedalam kandang. Jika burung mau memakan buah tersbeut anda bisa memberikanya setiap hari atau seminggu 2 – 3 kali.

Kicauan Burung Cucak Kopi

 

Dengan perawakannya yang mungil burung jenis ini mampu utuk bergerak dan berkicau dengan baik. Meski gacor namun suara yang di timbulkan dari kicauan burung sedikit monoton namun semua tertutup jika burung sudah terbiasa di latih untuk berkicau.

Kebiasaan burung Cucak Kopi Kopi yang kicaunya monoton membuat ia sering sekali mengulang – ulang suaranya. Jadi jangan heran jika burung ini mengulang variasi kicaunya yang mungkin bisa membuat anda bosan. Namun jika anda memang handal dalam merawat burung , jenis burung ini bisa memiliki harga yang lumayan dan mampu untuk bersaing dengan jenis burung kicau lainya.

Gallery for Ciri Burung Cucak Kopi Melayu Serta Habitatnya

Gravatar Image
Kerja Keras Demi Meraih Kesuksan , Saya Mengapresiasi Setiap Kritik Supaya Lebih Maju Kedepanya. "Berubah Untuk Mengubah Diri Dan Lingkungan"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *