Ciri Burung Cucak Wilis Serta Tips Perawatan

Ciri Burung Cucak Wilis – Salah satu burung asal indonesia yakni cucak wilis memang tak banyak orang mengetahuinya. Namun bagi kalangan penghobi burung kicau tentu ini tidak berlaku karena spesies burung ini memang memiliki vokal yang riuh dan menarik.

Banyak sekali nama atau sebutan yang di sematkan untuk burung yang satu ini, diantaranya ada yang menyebutnya cucak gunung, burung cucak rante, dan cucak rengganis.

Sedangkan sebutan orang barat untuk spesies yang satu ini adalah orange-spotted bulbul dan dalam bahasa latin burung ini di beri julukan Pycnonotus bimaculatus.

Ciri Burung Cucak Wilis

Burung cucak wilis di ketahui memiliki tubuh berukuran sedang. Umumnya spesies burung yang satu ini tumbuh dengan panjang mencapai 20 cm.

Di lengkapi dengan corak warna yang menarik, cucak wilis memang kerap kali memanjakan mata yang memperhatikanya.

Pada beberapa anggota badan burung terdapat beberapa warna yang menghiasi bulunya, seperti warna coklat kehitaman dan disapu dengan campuran warna hijau zaitun yang berada di bagian punggung tubuhnya.

Lalu terlihat di bagian dagu, tenggorokan, dan juga di bagian dadanya terdapat warna hitam kecoklatan. Ciri khas burung cucak wilis selanjutnya yaitu di bagian perutnya tampak berwarna putih keabuan.

Di bagian tunggir dekat pangkal ekornya terlihat berwarna kuning. Kepala burung berwarna coklat yang mana ada bentuk jambulnya. Sedangkan untuk bagian kedua belah pipinya tampak dengan warna kuning.

paruh burung berwarna hitam dan tidak begitu panjang,. Kemudian pada bagian ekornya memiliki warna coklat kehitaman dan ukurannya cukup panjang.

Habitat Alsi Cucak Wilis

Untuk menjumpai burung yang satu ini anda bisa mengunjungi beberapa wilayah yang berada di Sumatra, Jawa, sampai dengan Bali.

Beberapa pulau tersebut memiliki jumblah atau populasi burung yang masih cukup banyak. Di luar negeri akan sangat sulit menjumpai burung yang satu ini, oleh karena itu maka dapat di pastikan jika cucak wilis merupakan burung endemik indonesia.

Cucak wilis memiliki beberapa kriteria dalam memilih tempat tinggalnya. Menurut beberapa sumber di ketahui jika cucak wilis umumnya tinggal di wilayah pegunungan dengan ketinggian mencapai 3000 meter di atas permukaan laut.

Jadi anda yang ingin mencari burung ini atau ingin ternak burung cucak wilis , anda perlu menyiapkan tempat yang sejuk seperti di pegunungan.

Biasanya burung satu ini hidup secara berkawanan dan jarang di temukan sendiri. Di hutan blantara burung ini kerap berburu serangga kecil dan juga buah – buahan yang matang.

Perawatan Burung Cucak Wilis

Pemelihara cucak wilis yang masih baru memerlukan beberapa teori yang tepat supaya burung tetap sehat dan juga terjaga dengan baik.

Jika kebetulan cucak wilis yang anda pelihara tidak memiliki kemampuan untuk mau makan voer, anda bisa memberikan makanan berupa buah seperti pisang kepok, pepaya, atau mangga.

Pemberian seranga seperti jangkrik dan kroto perlu juga anda berikan supaya burung tetap memiliki nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

Sembari perlahan melatih burung supaya mau makan voer anda bisa meberikan makanan seperti yang sudah kami sebutkan barusan.

Cucak wilis merupakan burung yang cukup rajin, oleh karena itu aturlah jadwal mandi bagi burung tersebut, Beberapa metode dapat anda berikan kepada burung untuk mandi. Silahkan anda pilih dengan menggunakan semprotan atau dengan menggunakan krambah.

Perhatikan juga burung berjenis kelamin apa yang anda pelihara. Apakan cucak wilis jantan atau betina, jika anda ingin mengambil suara cucak wilis maka kami menyarankan anda untuk beli cucak wilis jantan karena memiliki vokal yang bagus.

Namun harga cucak wilis jantan cukup mahal di banding dengan burung betina. Namun sebelum itu apakah anda sudah tahu bagaimana membedakan cucak wilis jantan dan betina. Jika anda belum paham , ada baiknya jika anda pelajari terlebih dahulu hal tersebut.

Baiklah teman mungkin dari pembahasan mengenai burung yang satu ini sampai di sini saja. Bila anda memiliki pertanyaan mengenai burung cucak wilis maka anda bisa meninggalkan komentar anda dibawah sini.

Leave a Comment