Ciri Cendet Madura Serta Kelebihan Burung Tersebut

Cendet Madura – Untuk mengenali speiesis burung pentet ini perlu memahami ciri fisik burung terlebih dahulu. Burung cendet madura saat sudah banyak di pelihara oleh penikmat kicau karena suaranya yang piawai menirukan suara burung lain.

Selain itu burung jenis ini di ketahui merupakan burung type fighter alias burung petarung yang handal. Burung pemakan seragga ini sangat menjaga wilayah kekuasaanya, oleh karena itu tak heran jika ia jarang di temukan hidup berkelompok.

Spesies burung cendet di dunia ini cukup beragam, penyebaranya yang cukup luas meliputi asia tenggara hingga bagian asia yang lain membuat ia banyak memiliki keluarga dekat.

Khusus untuk pembahasan kali ini, gacoran akan berfokus kepada burung cendet madura yang memang keberadaannya paling banyak di cari.

Burung cendet yang satu ini memiliki penampakan yang sedikit lebih berbeda di banding dengan saudara – saudaranya yang lain. Silahkan anda perhatikan bagian dada, tengkuk, dan juga pada bagian ekornya. Pada bagian ini terlihat dengan jelas jika burung tersebut memiliki bulu putih layaknya warna kapas.

Sedangkan pada bagian lain tubuh yakni bagian tengkuk berwarna abu-abu. Sedangkan pada bagian ekor burung dari cendet madura terlihat lebih panjang di banding dengan yang lainya, lah ini membuat ia sedikit menyerupai burung murai.

Ciri Fisik Cendet Madura

Pentet Madura

Ada yang unik dengan burung cendet jenis ini, menurut tutur para pemelihara burung pentet “cendet madura memiliki ragam ciri namum rata – rata spesies ini memiliki blangkon di kepalanya yang membuatnya mirip dengan bendet jawa“.

Namun dikarenakan tidak semua pentet madura memiliki blangkon, maka tentu warna hitam di kepala ini tidak bisa dijadikan patokan sebagai ciri burung cendet madura.

Cara mudah membedakan burung jenis ini ialah dengan memperhatikan beberapa anggota tubuhnya. Berikut ini hal yang dapat anda perhatikan dan jadikan tolak ukur:

  • Dada Berwarna Putih
  • Tubuh Ramping
  • Tengkuk Berwarna Abu – Abu
  • Ekor Berukuran Panjang

Ciri ini hanya untuk mengecek burung dengan cara cepat. Setidaknya jika anda hendak mengecek burung dengan seksama mungkin anda perlu membaca penjelasan berikut.

Dada Warna Putih

Maksudnya burung ini memiliki bulu yang berwana putih bersih. Tak jarang orang mengatakan jika burung ini memiliki bulu yang halus layaknya kapas yang biasa di jadikan lap untuk produk kecantikan.

Bertubuh Ramping

Yang di maksud disini ialah burung jenis ini memiliki bentuk tubuh yang proposional. Dimana panjang tubuhnya berbanding sepadan dengan besarnya tubuh burung. Panjang tapi kecil mungkin ini yang pas untuk menggabarkan postur tubuh burung.

Tengkuk Berwarna Abu – Abu

Coba perhatikan corak warna pada tengkuk burung. Semua burung yang tergolong kedalam cendet madura patilah memiliki bulu berwarna abu – abu. Jika burung tersebut tidak memilikinya maka mungkin burung bukanlah cendet madura.

Ekor Panjang

Ekor panjang yang gacoran maksud di sini adalah ia memiliki ekor yang paling panjang di banding keluarga burung cendet pada umumnya. Jika biasanya ekor burung cendet pada umumnya berkicisar 7 – 10 cm maka untuk cendet madura ini lebih dari itu.

Itulah tadi penjelasan mengenai ciri fisik burung, selanjutnya gacoran.com ingin memberitahukan kelebihan yang di miliki burung jenis ini.

Kelebihan Burung Cendet

Info ini berdasarkan data yang berhasil kami himpun dari nara sumber. Menurut para pemelihara burung cendet yang sudah lama memelihara aneka jenis burung cendet dikatakan jika.

  • Burung cendet jenis ini memiliki penampilan yang lebih elegan
  • Suaranya lebih nyaring
  • Mudah untuk di latih
  • Tahan terhadap penyakit (Tidak mudah stres)
  • Harganya mahal 🙂

Itulah beberapa kelebihan atau keunggulan yang di miliki oleh cendet jenis ini. Namun tentu untuk mendapatkan burung gacor ini atau melatihnya tidaklah mudah. Pelajari terlebih dahulu cara merawat cendet yang baik sebelum memutuskan untuk memeliharanya.

Dari pembahasan kali ini kami rasa cukup sampai disini dulu, bila mana anda dapat memberikan imbuhan yang baik dari pembahasan kali ini silahkan tinggalkan pesan anda di kolom komentar.

Sebelumnya kami ingin ucapkan rasa terimakasih yang sebesar – besarnya karena sudah mau untuk mampir dan sampai berjumpa lagi di pembahasan yang akan datang.

Leave a Comment