Cucak Ijo Banyuwangi: Ciri Fisik, Perawatan Harian, Master

Cucak Ijo Banyuwangi –  Naik daun tentu saja itulah yang sedang di alamai oleh spesies burung cucak ini. Burung ini saat ini sudah sering kali di temukan kotesan-nya sehingga ini tentu berdampak dari harga burung yang otomatis melejit alias naik.

Memelihara burung merupakan hobi dan tentu saja yang namanya hobi itu mahal harganya. Bila mana dulu hobi satu ini di nikati oleh beberapa kalangan menengah ke bawah maka kini memelihara burung menjadi hobi beberapa kalangan menengah ke atas.

bayangkan saja kini burung jenis murai , kacer dan cucak ijo yang sudah siap untuk di tarungkan di gelanggang besar bisa di setarakan dengan satu unit mobil mewah. Tak jarang burung yang berhasil juara langsung di tukar dengan beberapa unik mobil dan uang yang tentu di luar nalar dan logika mereka yang tak hobi burung.

Materi Dasar Dalam Mengenal Burung Cucak Ijo Banyuwangi

Untuk mendapati burung jenis ini di alam, tentunya anda musti pergi jauh dari hingar bingar keramaian perkotaan. Pasalnya burung jenis ini mungkin hanya akan anda dapati di wilayah yang masih asri dan terjaga lingkunganya. Guna mengenal buruung ini anda bisa ketahui dari mana asal – usul burung tersebut.

Senada dengan nama dari burung ini, spesies cucak ijo banyuwangi dapat di jumpai di wilayah jawa timur. Wilayah banyu wangi menjadi salah satu destinasi tempat penyebaran burung ini. Selain itu jika anda ingin berjumpa dengan burung ini di alam liar, anda bisa mengunjungi beberapa tempat seperti Alas Purwo dan Hutan Songgon Pesanggaran.

Menurut kabar yang santer terdengar, burung yang berasal dari kawasan Alas / Hutan tersebut memiliki potensi menjadi juara yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan burung yang berasal dari beberapa tempat yang sudah kami sebutkan memiliki mental dan suara yang sangat bagus.

Ciri Fisik Cucak Ijo Banyuwangi

Burung jenis ini memiliki karakteristik yang unik dan menarik dimana bentuk tubuhnya bisa dikatakan lebih unggul jika di bandingan dengan burung sejenis misalkan cucak ijo medan atau beberapa jenis cucak lainya.

Dikatakan juga jika sebenarnya jenis burung satu ini memiliki ciri khas pada tubuhnya. Jika anda merasa penasaran tentang seperti apa ciri khas dari fisik burung tersebut maka silahkan anda bergeser kebawah sini untuk lebih jelasnya.

  • Memiliki bentuk tubuh yang identik lebih panjang di tambah agak terlihat melengkung jika di perhatikan dengan seksama.
  • Jika pada cucak ijo kalimantan memiliki semburat kuning pada tubuhnya maka lain dengan sub spesies satu ini dimana warna bulunya di dominasi dengan warna hijau gelap.
  • Ekor burung lebih panjang sehingga akan nampak lebih elegan, selain itu bulu ekornya ini terbilang tidak kaku. Hal ini tentu di pengaruhi oleh pajang ekornya sehingga membuatnya nampak lentur dan melengkung.
  • Pada areal pipi dan sayap atas dari burung ini memiliki warna bulu kebiruan.
  • Bagian leher di dominasi dengan warna bulu hitam gelap.
  • Burung ini memiliki jaumbul unik yang membuatnya terkesan cantik karena sedang mengenakan mahkota.

Setelah anda mengetahui tentang beberapa hal yang tentu berkaitan dengan fisik burung, maka selanjutnya anda bisa mempelajari tentang perawatan harian burung.

Berikut ini beberapa tahapan yang dapat anda contoh sebagai cara merawat cucak ijo banyuwangi ini.

Perawatan Cucak Ijo Banyuwangi

Dalam melakukan perawatan harian anda mungkin hanya perlu memperhatian beberapa hal diantaranya makanan dan minuman burung, kebersihan kandang, kebersihan burung dan beberapa tembahan lainnya. Untuk memulai anda bisa ikuti tips ini:

  • Diwaktu pagi anda bisa mengembunkan burung , anda bisa memperhatikan keadaan cuaca sebelum memulai pengembunan. Pastikan burung akan mendapatkan cahaya matahari sebelum memulai melakukan pengembunan. Waktu yang tepat adalam di jam 06 : 00 .
  • Setelah burung di embunkan anda bisa melanjutkan kedalam proses memandikan burung. Jika anda biasa memandikan burung dengan cara di semprot pastikan anda sudah mencampur dengan syampo supaya mendapati bulu burung sehat dan mengkilat (GLOWING).
  • Menjemur burung merupakan rutinaitas yang tidak boleh anda tinggalkan. Oleh karena itu jika di lihat matahari mulai mengeluarkan sengatanya anda bisa melakukan penjemuran selama 2 Jam ( Maxsimal Waktu).
  • Sangkar Burung tidak boleh luput dari perhatian anda, memandikan burung dan membersihkan kandang merupakan paket lengkap yang tidak boleh anda tinggalkan. Pasalnya jika anda memandikan burung namun anda tidak membersihkan kandang maka hasilnya percuma karena burung bisa jadi menjadi lebih kotor dari sebelumnya.
  • Makanan: Untuk menjaga burung tepat hidup makanan merupakan hal yang penting di samping air. Rajin mengganti pakan merupakan resep jitu untuk memperoleh burung yang sehat. Ingat habis tidak habisnya makanan dalam sehari anda harus menggantinya katena makanan bisa saja berjamur dan berakibat buruk untuk burung.

Setelah tahapan tahapan di atas sudah anda kerjakan dengan sempurnya maka anda bisa berlanjut kedalam proses pemasteran atau bisa juga di sebut dengan proses pemolesan burung.

Dalam proses pemolesan yang baik anda bisa menerapkan beberapa proses yang sudah kami rangkum untuk mempermudah anda dalam melakukanya. Silahkan cek dibawah sini untuk mendapati tips berikut:

  • Berimakan burung dengan 2 ekor ulat hongkong di pagi harinya.
  • Beri burung EF berupa jangkrik sebanyak 3 ekor saat sore hari.
  • Anda bisa mencantolkan pisang kedalam kandang burung sebagai selingan.
  • Setelah masuk waktu malam jangan lupa untuk mengkrodong kandang burung.
  • Saat burung sudah di masukan kedalam rumah anda bisa memutar suara burung cucak ijo mp3 untuk memancing nafsu berkicaunya.
  • Jika dirasa burung sudah lelah dalam merespon suara mp3 maka anda bisa mengistirahatkan burung dengan mematiakn master.

Proses ini dapat anda lakukan sekali – kali untuk membiasakan burung berkicau dengan baik. Namun perlu di ingat jika jangan terlalu sering dalam melakukan pemolesan. Jika anda hendak melakukan proses ini sebagainya anda bisa memahami kondisi fisik burung.

Baiklah sobat , proses demi proses sudah kita lalui dan bahas secara bersama – sama. Dalam pembahasan kali ini tentu banyak sekali kekuranganya, oleh karena itu dengan kekurangan ini kami memohon untuk anda lengkapi dengan berkomentar.

Sebelumnya untuk anda yang sudah mampir kesini kami ingin ucapkan terimakasih. Semoga yang kami bagikan ini bermanfaat untuk banyak orang dan sampai berjumpa lagi di pembahasan yang akan datang.

Leave a Comment