Jenis Burung Ciblek Terpopuler Di Indonesia

Jenis Burung Ciblek – Burung ciblek merupakan spesies burung yang penyebaranya cukup luas. Indonesia sendiri merupakan wilayah yang tidak luput dari penyebaran burung jenis ini.

Maraknya pemelihara atau penggemar burung kicau di indonesia membuat beberapa jenis burung menjadi terkenal alias populer. Ciblek atau prenjak ialah burung yang memiliki kemampuan berkicau yang lumayan menarik, tentu karena ini burung tersebut ramai di bicarakan oleh penggila burung.

Namun tahukah anda bahwa sebenarnya burung ciblek masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini aneka spesies ciblek yang paling sering di pelihara oleh pecinta burung kicau.

Jenis Burung Ciblek Terpopuler

Ciblek merupakan burung yang berasal dari ordo Passeriformes, dalam bahasa inggris burung jenis ini memiliki julukan atau nama bar-winged Prinia. Sedangkan untuk nama latin dari prenjak atau ciblek ini adalah Prinia familiaris.

Keluarga burung ciblek ini memiliki perawakan atau tubuh yang kecil, saat dewasa burung ini dapat tumbuh dengan panjang 13 cm yang di ukur dari ujung kepala sampai dengan ekor burung.

Untuk mengenali burung ciblek anda bisa memperhatikan beberapa anggota tubuh burung, meskipun memiliki banyak sub-spesies namun semua jenis ciblek pasti memiliki ciri berikut.

Ciri Burung Ciblek (Prenjak)

  • Punggung burung berwarna coklat hijau zaitun yang tumbuh sampir menyeluruh
  • Tenggorokan dan Dada burung berbulu putih
  • Perut dan Dubur di tumbuhi bulu kekuningan
  • Memiliki dada dan paha yang di tumbuhi bulu berwarna keabu-abuan
  • Memiliki sayap dengan dua garis putih
  • Mempunyai ekor yang panjang yang berwarna hitam dan kadang putih

Itulah ciri fisik dari burung ciblek yang dapat anda pelajari disini. Semua burung ciblek pasti memiliki ciri – ciri tersebut. Jika memiliki perbedaan mungkin tidaklah banyak mengingat mereka masih satu keluarga besar.

Kebiasaan Hidup Burung

Burung ini memiliki kebiasaan hidup yang cukup unik, burung ini kerap kali di temukan di tempat yang terbuka seperti lapangan dll. Dikarenakan ia memiliki pergerakan yang sangat lincah, burung inipun cukup jarang diam di sebuah tempat.

Burung yang aktif ini kerap kali membuat sarang yang berdekatan dengan taman, pekarangan, tepi sawah, hutan sekunder, hingga ke hutan bakau. Di tempat tersebut burung ini dapat dengan mudah mendapatkan makanan yang mereka cari.

Sarang di buat oleh burung ini umumnya tidak di tempatkan di tempat yang tinggi. Ciri dari sarang burung ciblek ialah berkuruan kecil seperti bola yang di anyam dari rerumputan kering yang berhasil di kumpulkan oleh burung.

Tahukah anda “apa saja makanan burung ciblek ?”

Burung ciblek di ketahui kerap kali memangsa beberapa jenis serangga dengan ukuran kecil. Tak jarang spesies burung ini memakan biji – bijian dan juga buah – buahan bertekstur lunak seperti pepaya dan lain sebagainya.

Populasi Burung dan Sejarahnya

Tepatnya pada tahun 1990 an burung ini di biarkan hidup berkeiaran seperti burung gereja dan lain sebagainya. Sifat burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungan membuat burung ciblek semakin mudah berkembang biak tanpa ada gangguan dari manusia.

Burung ini dulu merupakan burung yang populasinya sangat berlimpah, namun dikarekan burung jenis memiliki suara yang cukup cerewat maka ia berhasil menarik penghobi burung kicau untuk memeliharanya.

Al hasil saat ini burung jenis ini pun banyak di cari untuk di pelihara karena suara burung ciblek yang cukup indah.

Burung ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, maka tak jarang beberapa orang mencoba menangkap burung jenis ini dengan menggunakan berbagai perangkap.

Beberapa jenis perangkap yang sering di gunakan untuk menangkap ciblek antara lain seperti:

  • Jerat
  • Jaring
  • Pulut

Beberapa metode ini di gadang – gadang paling efektif untuk menangkap burung ciblek. Tentu metode ini akan lebih efisien jika anda menggunakan suara pikat burung ciblek yang mampu mendatangkan burung ini.

Jenis Burung Ciblek

Beberapa jenis burung ciblek yang populer dan kerap kali di jadikan target buruan antara lain adalah :

Ciblek Sawah

Suara Burung Ciblek Sawah

Burung jenis ini umumnya memiliki bulu yang di dominasi oleh warna abu – abu. Memiliki mental yang sangat bagus, tak heran ini adalah ciblek yang paling mantap untuk di pelihara dan di jadikan burung pendampik yang bagus.

Ciblek Kristal

Suara Ciblek Kristal

Burung ini merupakan burung paling agresif di banding beberapa saudara – saudaranya. Vokalnya yang menarik serta memiliki kemampuan yang hampir mengimbangi burung murai maka burung ini memang layak di jadikan target.

Ciblek India

Download Suara Burung Kacer India

Untuk mengenali burung ini cukup mudah, ia memiliki punggung berwarna hijau zaitun yang umum di miliki burung ciblek. Selain hal tersebut, burung ciblek india memiliki bulu sayap berwarna merah karat, dada berwarna abu – abu sampai dengan ekor.

Ciblek Kepala Merah

Sesuai dengan namanya burung ini memiliki penampilan yang mudah di kenali. Jika burung ciblek india memiliki warna merah karat pada bulu sayapnya, maka untuk burung ciblek kepala merah selain sayap kepala dan paha burung memiliki warna ini.

Ciblek Semi

Ciblek semi merupakan burung ciblek yang dulu sempat populer dan menjadi burung ciblek yang paling banyak di cari. Namun saat ini burung ini tidak sepopuler dulu namun masih ada orang yang paham dan tetap tertarik untuk membeli burung ini. Karena masih mudahnya menjual burung jenis ini tak heran kenapa burung ini di jadikan target buruan.

Ciblek Tebu

Ciblek tebu merupakan burung ciblek yang paling mudah di bedakan. Ia memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan ciri burung ciblek pada umumnya.Yang membedakan ialah corak warna perut burung yang berwarna kuning yang menyelimuti sampai dubur burung.

Beberapa jenis ciblek tersebut cukup populer dan penjualnya cukup mudah. Oleh karena itu pemikat burung kerap menjadikan burung jenis ini sebagai target utama.

Cara Merawat Burung Ciblek

Meski memiliki banyak potensi yang baik dalam berkicau, kunci dari mendapat burung gacor adalah dalam perawatanya. Oleh karena itu di sini kami ingin berbagi cara merawat burung yang baik khususnya untuk burung jenis ciblek ini.

Anda yang tertarik silahkan ikuti langkah – langkah yang kami siapkan dibawah sini:

  • Embunkan Burung Di Pagi Hari
  • Mandikan Burung Secara Rutin
  • Gantu Voernya Setiap Hari
  • Berikan EF Kepada Burung
  • Maxsimalkan Penjemuran
  • Putarkan Master Burung
  • Kerodong Saat Malam

Itu merupakan tahapan singkat yang dapat anda lakukan dalam melakukan rawat harian cibek. Lakukan tahapan ini secara rutin dan jangan sampai anda merasa bosan, hasil dari proses ini akan nampak dalam kurun waktu 2 – 4 bulan jadi memang di butuhkan ketelatenan.

Baiklah teman , dari pembahasan kali ini mungkin sampai di sini dulu. Bila anda ingin memperoleh info yang lebih menarik sailahkan baca hal lain mengenai ciblek yang sebelumnya sudah kami bagikan.

Sebelumnya terimakasih karena sudah berkunjung dan sampai berjumpa lagi di pembahasan yang akan datang.

Leave a Comment