Aneka Jenis Burung Cililin Serta Cara Perawatanya

Jenis Burung Cililin – Spesies burung yang memiliki suara dengan tingkat volume yang cukup tinggi merupakan salah satu kemampuan yang di miliki oleh burung cililin. Tak jarang suaranya yang keras itu telinga bisa di buat pengang karenanya.

Cililin merupukan jenis burung yang mudah terpancing atau bisa juga di katakan tempramen. Jika sedikit saja ia mendengar suara burung yang berkicau di dekatnya, maka secara naluriah burung cililin ini akan mengeluarkan suaranya.

Di sebabkan suara burung cililin yang ini cukup menggelegar, maka tak jarang penghobi burung menjadikan vokal dari burung ini untuk di jadikan isian bagi burung peliharaan mereka.

Spesies burung mahal seperti Murai Batu dan juga beberapa burung berkelas lainya tak sedikit diantaranya memiliki suara burung cililin ini sebagai isianya.

Bicara soal burung cililin tentu tak lengkap jika anda tidak mempelajari burung ini secara mendetail. Oleh karena itu, pada kesempatan ini izinkan kami memberikan info menarik seputar burung tersebut yang tentunya dapat anda ketahui dengan membaca beberapa hal dibawah sini.

Jenis Burung Cililin

Burung yang masih berkerabat dekat dengan gagak ini memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah cililin cokat dan cililin hitam.

Dari setiap jenisnya tentu memiliki kekurangan dan kelebihanya masing – masing di mata penghobi burung. Tergantung dari kesukaan dari pemelihara karena yang namanya hobi atau kesukaan sifatnya relatif atau tak sama.

Sedikit gambaran mengenai kedua burung tersebut dapat anda baca dengan gamblang di bawah sini.

Cililin Hitam

Cililin Hitam

Cililin hitam memiliki penampilan yang cukup memanjakan mata. Burung jenis ini umumnya di pelihara guna meramaikan suasana rumah karena cukup mudah di jadikan gacor.

Meski demikian beberapa orang berpendapat jika suara burung cililin hitam durasinya pendek dan memiliki karakter vokal yang agak kasar.

Burung jenis ini kebanyakan di temukan di wilayah pulau Jawa dimana populasinya masih terjaga secara apik. Karena suara dari burung ini cenderung kurang baik untuk di jadikan masteran, maka harga pasar dari burung jenis ini terbilang tidak semahal saudara dekatnya yakni cililin coklat.

Cililin Coklat

Cililin Coklat

Berbanding terbalik dengan saudara dekatnya, spesies burung cililin jenis ini kerap kali di jadikan burung isian. Alasanya cukup jelas, beberapa orang beranggapan jika burung cililin coklat memiliki kemampuan vokal yang bagus.

Di gadang – gadang cililin coklat memiliki irama vokal yang ngeroll panjang serta suara yang nyaring yang menjadi ciri khas bagi burung jenis ini. Tak ayal harga burung cililin jenis ini di pasaran cukup tinggi di banding dengan saudaranya.

Namun secara pribadi kami lebih menyukai cililin hitam, hal ini dikarenakan cililin hitam memiliki penampilan yang gahar sehingga mantap untuk di pandang mata.

Perawatan Burung Cililin

Peraawatan menjadi satu hal yang penting bagi setiap burung, jika anda ingin mendapati burung dengan penampilan yang bagus dan irama vokal yang menarik. Maka perawatan burung yang baik lah yang tidak boleh luput dari perhatian.

Dengan perawatan yang baik, anda bisa memaksimalkan kemampuan yang di miliki oleh burung peliharaan anda. Khusus untuk pembahasan kali ini, kami ingin berfokus ke memberi sedikit pengetahuan kami kepada anda. Silahkan simak beberapa hal berikut guna mengetahui proses perawatan burung cililin.

Sebelum memulai untuk melakukan proses perawatan kepada burung, pastikan yang sedang anda pelihara merupakan burung pejantan. Jadi pastikan anda sudah memiliki ilmu untuk membedakan burung cililin jantan dan betina.

Bicara soal perawatan burung, tentu hal ini tidak lepas dari makanan burung. Peranyaanya, Apa sih makanan burung cililin ?

Burung cililin merupakan burung pemakan serangga kecil yang umum seperti beberapa burung kicau. Burung cililin bisa mengkonsumsi beberapa jenis serangga diantaranya Jangkrik, Ulat Hongkong dan Kroto.

Namun peberian makanan ini tentu perlu di porsir. Mengingat burung jenis ini sudha masuk kedalam kandang peliharaan maka wajib hukumnya burung cicilin mau untuk makan voer. Jadi bila mana burung belum mau untuk makan voer silahkan anda latih terlebih dahulu.

Jika anda memeliahara burung cililin muda, sebaiknya anda memberikan voer ayam. Voer ayam memiliki kandangan karbohodrat dan protein yang tinggi. Ini sangat bagus untuk tumbuh kembang dari burung yang sedang anda pelihara.

Jika anda ingin melakukan rawat harian kepada burung, berikut ini pola rawat harian cililin yang dapat anda tirukan.

Rawat Harian Burung

  • Saat pagi anda bisa menjemur burung dalam kurun waktu 30 Menit
  • Lanjutkan dengan memandikan burung
  • Jemur kembali dengan waktu 1 jam saja
  • Anging anginkan burung di tempat yang teduh
  • Berikan jangkirk atau Ef lainya 3 ekor
  • Bersihkan kandang harian burung

Burung jenis ini lebih baik jika posisinya tidak terlalu jinak dengan manusia. Oleh karena itu kebanyakan pemelihara cililin lebih senang menggantung burung jenis ini di tempat yang tinggi.

Hal ini bermaksud supaya burung tidak mudah jinak dengan manusia. Burung cililin yang jinak di mata penghobi burung kicau bernilai negatif, oleh karena itu silahan lakukan tips menggantung burung di tempat yang tinggi tersebut.

Dari ulasan mengenai burung cililin mungkin cukup sampai disini saja. Bila mana anda mengenai burung cililin sebaiknya anda meninggalkan komentar anda supaya bertambah informasi mengenai burung tersebut.

Terimakasih sudah menemani kami di Gacoran.com dan sampai berjumpa lagi di pembahasan yang akan datang.

Leave a Comment