Tips Membedakan Cililin Jantan dan Betina Paling Akurat

Membedakan cililin jantan dan betina merupakan hal yang cukup mudah bagi mereka yang sudah membaca pembahasan kali ini. Cililin merupakan spesies burung yang cukup populer, tak ayal banyak penghobi burung kicau menginginkan burung cililin untuk di jadikan peliharaan.

Banyak cara yang dapat di ambil untuk mendapatkan jenis burung cililin ini. Anda bisa menangkap atau memikat burung tersebut di alam atau bisa juga membelinya di toko – toko burung.

Jika membeli burung di toko merupakan pilihan yang hendak anda ambil, sebelum melakukan pembelian apakah anda sudah tahu perbedaan cililin jantan dan betina?

Jika anda belum tahu, maka anda perlu belajar dulu di gacoran.com karena kami akan sediakan ulasan mengenai perbedaan burung cililin.

Cara Membedakan Cililin Jantan dan Betina

Jika di pandang dari jauh, tak akan nampak perbedaan dari burung cililin jantan dan betina. Hal ini sangat wajar mengingat burung ini secara visual di lihat memiliki banyak kemiripan. Namun bila di telisik secara seksama maka anda melihat perbedaanya.

Berikut ini beberapa perbedaan burung cililin betina dengan pejantan yang dapat anda lihat dari penampilan atau fisik burung:

Kepala Burung

Perbedaan burung jantan dan betina dapat di lihat dari bentuk kepala burung. Kepala burung jantan dan betian dari cililin memiliki jambul yang serupa. Namun jika di telisik burung cililin jantan memiliki jambul yang lebih panjang di banding betinanya.

Selain itu tentu terlihat dengan jelas jika burung pejantan memiliki bentuk atau ukuran kepala yang lebih besar di banding betina.

Mata Burung

Meski ini sulit namun anda bisa memperkuat prediksi anda dalam membedakan cililin jatan dan betina. Burung pejantan memiliki ukuran lingkar mata yang lebih besar di banding dengan betina. Namun kembali lagi kami ingatkan jika jadikan mata burung ini sebagai penguat dari prediksi anda.

Bintik Dekat Mata

Pada areal dekat mata burung terdapat ciri khusus yang di miliki oleh burung cililin. Burung cililin baik jantan dan betina pastilah memiliki bintik tersebut. Tak perduli dari jenis cililin hitam atau coklat, semuanya memiliki ciri tersebut.

Pada burung berjender pejantan memiliki bintik cenderung lebih kecil namun rapat. Warna bintik dari burung pejantan terlihat dengan tegas dan jelas.

Sedangkan untuk burung cililin betina, warna dari bintiknya cenderung kurang jelas. Selain itu betina memiliki bintik-bintik putih yang lebih besar di banding pejantan, kadang bintiknya ini rapat dan kandang sedikit jarang.

Paruh Burung

Paruh burng cililin penjantan menjadi salah satu patokan untuk mebedakan kelamin burung. Burung pejantan tentu memiliki bentuk paruh yang lebih ideal. Cililin jantan umumnya memiliki paruh yang tebal, panjang, dan besar dibandingkan dengan betinanya.

Warna Bulu Burung

Dari bulu pada burung anda bisa membedakan jender keduanya. Burung berkelamin jantan cenderung memiliki bulu dengan warna yang tegas dan jelas.

Sedangkan untuk burung yang berjenis kelamin betina umumnya corakwarnaya lebih samar atau bisa di katakaka memucat.

Kaki Burung

Siapa yang sangka jika kaki burung memiliki perbedaan yang siknifikan yang bisa di jadikan patokan untuk membedakan burung jantan dan betina. Burung cililin jantan di ketahui memiliki ukuran kaki yang besar,kasar dan cakar yang tajam.

Untuk burung bejenis kelamin betina memiliki bentuk kaki yang berlawanan dengan pejantan. Ia memiliki kaki yang kecil ,halus dan cakar yang umum dalam artian biasa saja.

Postur Tubuh

Sudah sangat jelas jika burung berjenis kelamin pejantan memiliki postur tubuh yang proposional. Sedangkan untuk burung berjenis kelamin betina memiliki penampilan yang kurang proposional. Bentuk tubuhnya cenderung lebih bulat dan gemuk.

Membedakan Kelamin Cicilin Berdasarkan Perilaku

Perilaku burung dapat menggambarkan apa jenis kelamin atau jendernya. Berikuti ini beberapa perilaku burung yang dapat anda gunakan untuk membedakan jendernya.

Suara Burung

Hal ini tentu sudah sangat jelas, burung berjenis kelamin pejantan memiliki vokal yang lebih variatif. Selain itu burung pejantan akan lebih gacor di banding dengan betina.

Pergerakan

Burung pejantan yang sudah dewasa cendrung lebih aktif dalam bergerak di banding betinanya. Hal ini akan nampak jelas saat musim kawin dimana burung pejantan akan terlihat mendominasi di banding betina.

Apa Kelebihan Burung Cililin Jantan di Banding Betian ?

Keunggulan yang di miliki oleh burung pejantan cukup banyak. Selain harga burung cililin jantan yang lebih mahal secara kualitas burung pejantan tentu lebih layak untuk di pelihara.

Anda yang hendak memelihara burung untuk di jadikan pengisi atau master bagi burung isian maka cililin jantanlah yang lebih di sarankan untuk di pelihara.

Suara burung cililin jantan lebih mantap, dengan volume yang tinggi dan juga suara yang lebih fariatif cililin jantan memang layak untuk di pelihara.

Anda yang masih bingung tentang seperi apa perbedaan antara burung jantan dan betina, berikut ini kami beritahukan kedua ciri – cirinya. Silahkan anda simak penjelasanya di bawah sini:

Ciri Burung Cililin Jantan

  • Bintik putih mata kecil dan rapat.
  • Suara yang kencang, berdurasi lama, kasar, bervariasi, dan rapat.
  • Kepala yang besar daripada si betina.
  • Warna bulu yang lebih kuat, terutama pada warna hitam.
  • Postur tubuh yang besar, gagah, dan selalu terlihat tegap.

Ciri Burung Cililin Betina

  • Warna bulu putih pada bagian leher lebih tipis.
  • Warna kurang terlihat kurang jelas warna hitam pada bagian tanda pemisah.
  • Suara putus-putus dan berdurasi pendek.
  • Warna pucat dan kurang tegas atau pirang dan kusam.

Baiklah sobat, dari pembahasan mengenai burung cililin mungkin sampai disini dulu. Bila mana anda memiliki pengalaman tentang membedakan burung cililin silahkan bagikan hal tersebut dengan cara berkomentar dibawah sini.

Sebelumnya kami ucapkan terimakasih sudah berkunjung, semoga anda mendapat informasi yang anda butuhkan dan sampai berjumpa lagi di pembahasan yang akan datang.

Leave a Comment