Mantenan Dagu Kelabu

Mengenal Jenis Burung Mantenan Berdasarkan Ciri Fisiknya

Mengenal Jenis Burung Mantenan | Burung mantetan atau bisa juga di sebut sebagai burung serepah merupakan spesies burung yang kini mulai banyak di lirik oleh penggiat burung kicau sebagai peliharaan. Alasan kenapa burung ini di pelihara tak lain dikarenakan burung tersebut memiliki kemampuan yang cukup baik dalam berkicau.

Selain di gunkana sebagai penghias rumah , tak jarang beberapa orang tertarik memelihara jenis burung ini karena bisa dijadikan guru berlatih untuk burung isian. Selain terkenal karena kemampuan burung yang lumayan menarik , yang membuat burung cukup terkenal di kalangan penduduk indonesia adalah terdapatnya mitos burung mantenan yang sudah tersebar kepada penduduk yang masih mempercayai hal – hal berbau mistis.

Namun terlepas dari itu semua memang yang paling mencolok adalah kemampuan suara burung mantenan . Di langsir dari sumber terpercaya , burung mantenan kini penyebaranya mulai merata di penjuru indonesia. Di setiap daerah terdapat penyebaran beberapa jenis burung mantetan yang berbeda, oleh karena itu untuk membedakan antara jenis satu dengan jenis lainya silahkan anda pelajari hal tersebut dengan membacanya di bawah sini.

Burung Mantenan / Serepah Kecil

Mantenan Kecil

Seperti yang sudah kami katakan di atas jika nama lain dari mantetan adalah serepah oleh karena iji jangan kalian berdebat akan hal tersebut . Mantenan kecil atau serepah kecil memiliki penampilan yang cukup menarik dimana burung tersebut berukuran kurang lebih 15cm dan memiliki warna bulu perpaduan antara abu-abu, merah, dan juga hitam.

Burung pejantan merupakan jenis yang paling mudah di identikasi karena memiliki corak warna yang lebih terang di banding betinanya. Namun saat burung mantenan kecil jantan masih muda , sangat sulit membedakanya karena belum selesainya perkembangan dari burung tersebut.

Jika anda ingin menjumpai burung yang sudah dewasa , silahkan berkunjung kebeberapa tepat seperti hutan terbuka, hutan mangrove, tanah pertanian, serta pedesaan karena burung sering kali terlihat berkelompok pada tempat tempat tersebut. Namun bukan berarti burung seperti ini dapat di jumpai di semua negara karena penyebaran diri burung jenis ini hanya terdapat pada kawasan India, Asia tenggara (terkecuali Semenanjung Malaysia), Kalimantan,jawa, serta Bali.

Burung Mantenan / Sepah Gunung

Mantenan Gunung

Burung serepah gunung alias mentenan gunung memiliki penampilan yang lebih besar dari yang sudah kami sebutkan diatas. Burung jenis ini memiliki ukuran tubuh kurang lebih 19 cm serta memiliki warna merah dan hitam dengan ekor panjang. Namun ini hanya berlaku kepada burung pejantan , kerena burung betina dari jenis ini memiliki penampilan warna bulu kombinasi hitam pada kepala , ekor yang sangat panjang, dan tidak berwarna merah untuk bulu sektmder seperti burung pejantan.

Tahukah kamu jika di dalam fisik burung betina memiliki keunikan lain diantaranya pada bagian tenggorokan, dagu, dan dahi, serta mantel yang berwarna kemerahan. Untuk menjumpai burung jenis ini anda patutnya berkunjung ke pegunungan yang terletak di sumatra seperti Leuser serta sepanjang Bukit Barisan hingga Dempu. Di ketinggan mencapai 1.200-2.400 m/dpl biasanya anda mulai bisa menjumpai burung tersebut.

Dikarenakan kebanyakan burung ini di jumpai di wilayah sumatra maka tak heran kenapa bisa di katakan jika burung jenis ini merupakan hewan endemik sumatra.

Burung Mantenan / Serepah Hutan

Serepah Hutan

Sama halnya dengan mantenan endemik sumatra yang sudah kami sebututkan diatas , burung jenis ini juga memiliki ukuran tubuh yang sama. Namun tentu saja ada yang membedakan keduanya , diantaranya adalah corak warna bulu burung.

Burung yang bernama latin Scarlet Minivet dapat memukau mata anda jika anda sudah melihatnya. Untuk jender pejantan burung ini memiliki warna hitam biru dengan dada dan perut merah, begitu juga tungging, sisi terluar bulu ekor, dan dua bercak untuk bagian sayap.

Mantenan hutan betina memiliki penampilan yang agak berbeda dimana warnanya lebih ke abu-abu dan pada punggung berwarna kuning yang melebar hingga tenggorokan, dagu, penutup telinga, serta dahi. Bagi anda yang ini menjumpai burung ini anda tidak perlu jauh – jauh bepergian ke luar negeri. Cukup dengan berkunjung ke beberapa daerah seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa serta Bali anda sduah bisa menjumpainya.

 

Burung Mantenan Dagu Kelabu

Mantenan Dagu Kelabu

Burung mentenan jenis ini cukup banyak di pelihara kerana cukup unik , burung yang memiliki nama latin Grey-chinned Minivet ini memiliki ukuran tubuh yang di ukur dari paruh hingga ekor mencapai panjang 17 cm. Ukuran yang munkin berbeda dengan beberapa jenis burung yang sudah kami sebutkan di atas.

Memiliki warna dasar merah dan juga kuning , burung ini dapat di bedakan antara jantan dan betinanya dengan melihat beberapa ciri fisinya yang mana pada burung jantan tenggorokan serta penutup telinga yang berwarna abu-abu gelap suram. Sedangkan untuk betinanya berwarna kuning.

Nah itulah tadi beberapa jenis burung serepah yang dapat kami sampaikan kepada anda, selanjutnya kami akan sedikit berikan informasi kepada anda mengenai burung tersebut.

Selain populer di indonesia , burung serepah alias mantenan juga populer di beberapa negara tetangga. Ini tentu di pengaruhi oleh penyebaran burung yang luas meliputi Himalaya, Cina selatan, Asia tenggara, Semenanjung Malaysia, Sumatera, serta wilayah Kalimantan.

Burung ini di alam liar di ketahui mengkonsumsi beberapa jenis buah – buahan. Oleh karena itu anda juga patut mempelajari buah yang disukai burung mantenan atau buah kesukaan burung mantenan untuk menunjang kebutuhan tubuh burung. Selain itu anda juga bisa belajar juga tentang voer untuk burung mantenan yang mungkin sedikit berbeda dengan burung kontes lain.

Sekian judu perjumpaan kita yang membahas burung mantetan , semoga apa yang kami bagikan di atas bermanfaat untuk banyak orang. Gacoran.com pamit dan sampai bertemu lagi di pembahasan yang akan datang.

Gallery for Mengenal Jenis Burung Mantenan Berdasarkan Ciri Fisiknya

Gravatar Image
Kerja Keras Demi Meraih Kesuksan , Saya Mengapresiasi Setiap Kritik Supaya Lebih Maju Kedepanya. "Berubah Untuk Mengubah Diri Dan Lingkungan"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *