Perbedaan Cucak Wilis Jantan dan Betina Mudah Dipaham

Cucak Wilis Jantan dan Betina – Menjadi sebuah masalah jika handak memelihara sebuah burung namun tidak tahu bagaimana cara membedakan antara burung jantan dan burung berjenis kelamin betina.

Pasalnya dalam perawatan atau treatment memang burung rengganis jantan dan betina memiliki perlakuan yang berbeda. Kenapa hal ini bisa terjadi ?

Karena burung cucak wilis jantan di pelihara untuk memperoleh suara atau vokal yang baik. Jadi perlu di perhatikan beberapa jenis makanan yang mungkin akan membuat buruk nafas dan juga kejernihan suaranya.

Sedangkan burung cucak wilis betina di pelihara supaya dapat menjadi indukan atau untuk di lakukan ternak burung cucak wilis.

Jadi mungkin faktor makanan di berikan secara biasa, hanya untuk menjaga berat badan burung supaya tetap dalam posisi yang tepat ketika sudah hendak di lakukan proses ternak.

Perbedaan Cucak Wilis Jantan dan Betina

Kembali ke pokok permasalahan yakni “apa perbedaan dari burung cucak wilis jantan dan betina ?

Cucak wilis jantan maupun betina memiliki ciri yang mudah sekali di kenali, anda perlu mempelajari hal demikian supaya dapat membedakan anatara keduanya.

Utuk yang ertama kami akan beritahukan tentang ciri dari burung cucak wilis pejntan terlebih dahulu.

Ciri Cucak Wilis Jatan

  • Alis mata pada burung rengganis jantan berwarna oranye
  • Suara pejanta cenderung lebih keras dan menarik atau variatif
  • Bentuk padan proposional tegak dan dada membusung
  • Bentuk kepalanya besar
  • Kaki besar dan kokoh

Ciri Cucak Wilis Betina

  • Alis mata pada burung rengganis betina berwarna kuning
  • Suaranya lebih rendah dan monoton
  • Postur tubuh cenderung gendut
  • Ukuran kepalanya normal
  • Bentuk kaki kecil namun kuat

Sebenarnya ada beberapa hal yag menguntungkan anda jika anda paham betul tentang cara membedakan rengganis jantan dan betina ini.

Selain karena keduanya memiliki peranan yang berbeda harga burung cucak wilis ini memang tidaklah sama. Burung pejantan memiliki harga yang cenderung lebih tinggi di banding dengan jenis burung kelamin betina.

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya jika dalam perawatan burung ini memang cukup beragam. Oleh karena itu di sini kami akan sediakan beberapa tips tentang bagaiman melakukan perawatan yang baik terahadap burung rengganis.

Perawatan Burung Rengganis

Burung rengganis atau burung cucak wilis yang siap untuk di pelihara umumnya di latih untuk mau makan voer. Pasalnya akan sangat menyilitkan jika burung regganis tidak mau untuk makan voer. Jadi perlu di lakukan pelatihan untuk hal demikian.

Bagaimana cara melatih burung untuk mau makan voer ?

Pertama anda bisa berikan makanan berupa buah – buahan, jika burung sudah mau makan secara normal cobalah untuk menaburkan voer pada makanan tersebut.

Awalnya burung akan tidak sengaja makan voer yang ada taburkan pada buah – buahan tersebut. Buah yang dapat anda gunakan sebagai taburan dari voer adalah pepaya atau pisang yang memiliki tekstur lembek dan ber air.

Voer akan menempel dengan mudah di atas makanan atau buah yang memiliki kandungan air yang tinggi.

Ketika anda mendapati kotoran dari burung yang anda pelihara terlihat mengeras cobalah untuk hanya memberikan voer pada burung.

Jika burung mau untuk makan voer maka anda bisa melorot makanan buah bagi burung. Namun jika burung belum mau untuk makan voer maka anda bisa mengulangi pelatihannya dengan menerapkan cara yang sama seperti yang sudah kami sebutkan di atas.

Sesekali burung memerlukan makanan tambahan yang akan mencukupi kebutuhan dari tubuh burung. Makanan seperti kroto, ulat hongkong dan juga jangkrik memang di perlukan supaya kebutuhan protein bagi burug tetap terpenuhi.

Ingat cepuk air juga jangan sampai kosong, kenapa hal ini selalu kami tekankan kepada anda. Alasanya tentu cukup sangat jeas jika burung membutuhkan air untuk mencerna makananya, apa lagi jika burung sudah mengkonsumsi voer yang mana memiliki kandungan air yang minim.

Pemasteran juga perlu di berikan, maka dari itu silahkan anda putarkan mp3 suara cucak wilis terbaik supaya burung dapat menirukanya.

Baiklah teman – teman sekalian, dari pembahasan kali ini kami rasa cukup sampai disini saja. Bila mana anda mendapati info lain yang menerik mengenai burung cucak wilis maka kami harap anda bisa membagikanya kepada kami.

Leave a Comment