Perbedaan Prenjak Atas dan Bawah Jantan Juga Betina

Perbedaan Prenjak Atas dan Bawah – Burung merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki kemampuan terbang. Maskipun tidak semua jenis burung dapat terbang namun kebanyakan diantaranya memiliki kemampuan tersebut.

Di dunia ini terdapat jutaan spesies burung yang mana diantaranya memiliki hal – hal menarik sehingga di pelihara dan juga di budidayakan oleh manusia.

Burung prenjak salah satunya, burung ini memiliki kemampuan berkicau yang baik. Meskipun tubuhnya kecil, suara burung prenjak cukup indah di dengarkan.

Tahukah anda , burung prenjak sejatinya masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis diantaranya seperti prenjak klawu , prenjak bambu dan masih banyak spesies lainya yang masih tergolong kedalam keluarga besar burung prenjak.

Bagaimana Cara Membedakan Burung Prenjak Atas dan Bawah ?

Sebelumnya apakah anda sudah paham apa yang di maksud dengan prenjak atas dan prenjak bawah. Sebutan ini sebenarnya di tujukan oleh dua jenis burung prenjak yang paling populer.

Untuk prenjak atas merupakan spesies prenjak yang mungkin lebih populer dengan nama prenjak kepala merah. Sedangkan untuk prenjak bawah, anda mungkin lebih mengenalnya dengan nama prenjak lumut atau ciblek lumut.

Untuk membedakan atara dua burung tersebut, anda bisa kenali dengan mempelajari ciri fisik burung. Bagi anda yang jeli anda juga bisa membedakan burung tersebut dengan mengetahui makanan burung prenjak tersebut.

Namun untuk mengetahui apa makanan dari burung prenjak memang sangat sulit, oleh karenanya kami lebih menyarankan untuk pelajari ciri fisik burung. Berikut ini ciri – ciri kedua burung tersebut.

Ciri Burung Prenjak Atas

  • Pada punggung prenjak atas terdapat warna coklat atau abu-abu, sehingga dinamakan juga prenjak abu atau klawu.
  • Prenjak jantan dibawah lehernya terdapat warna hitam gelap yang membentu seperti kalung
  • Burung yang sudah dewasa dari jenis ini meiliki corak warna full coklat kehitaman pada dadanya
  • Betina dari burung jenis ini memiliki warna yang lebih kucam tidak se cerah pejantanya
  • Terdapat bercak warna putih pada bagain sayap burung sehingga membuatnya seperti blorok
  • Burung jenis ini lebih suka mendiami pohon yang tidak terlalu tinggi.

Itulah tadi ciri dari burung prenjak atas yang dapat anda pelajari. Namun untuk memperjelas pengetahuan anda tantang burung ini. Anda bisa tengok gammbar di bawah ini guna mempermudah mengenali ciri dari burung tersebut.

Gambar Prenjak Atas

Bagimana , apakah anda sudah paham ? selanjutnya kita akan mempelajari tentang ciri prenjak bawah.

Ciri Burung Prenjak Bawah

  • Berbeda dengan prenjak atas, pada bagian punggung burug prenjak lumut memiliki warna hijau seperti lumut , oleh karena itu prenjak ini dinamakan Prenjak Lumut
  • Burung jenis ini di kenal memiliki paruh lebih pendek dari prenjak pada umunya namun lebih lancip dari yang lain
  • Burung ini memiliki kepala atau muka yang dominian berwarna oranye
  • Yang unik dari burug ini ialah bentuk ekornya, anda bisa perhatikan ekor burung dimana pada bagian tengah ekor burung terdapat bulu yang lebih panjang dengan lainya.
  • Untuk betina dari burung ini memiliki ekor yang rata, ini bisa dijadikan untuk pembeda antara jantan dan betina.
  • Ketimbang di pepohonan, prenjak bawah lebih suka mendiami semak – semak. Tak salah jika burung ini di sebut dengan prenjak bawah karena ia lebih suka tinggal di bawah ketimbang di pohon.

Sama halnya dengan yang di atas, kami akan memberikan penampkan burung guna mempermudah anda dalam mengenali burung ini.

Gambar prenjak bawah

Gambar dan ciri dari keduanya sudah kami beritahukan kepada anda. Admin rasa hal ini cukup untuk membedakan antara kedua jenis burung ini sobat.

Audio Prenjak Gacor

=> Download Audio Mp3 <=

Tak ada lagi yang dapat kami sampaikan kepada anda. Semoga yang sedikit ini membantu untuk banyak orang, sampai bertemu lagi di pembahasan selanjutnya.

Leave a Comment