Prenjak Bambu: Suara Burung, Ciri Fisik, Harga Burung

Burung Prenjak Bambu – Daya tarik dari spesies burung ini terletak pada kicau atau suara burung yang sering kali terdegar di pagi hari. Namun perlu anda ketahui bahwa untuk mendapakan burung ini cukup sulit sekali.

Ini di pengaruhi oleh popuasi burung di alam yang semain berkurang karena adanya pembalakan liar dan juga pembukaan lahan yang di lakukan oleh manusia.

Burung yang masih berkerabat dekat dengan prenjak atas ini sangat cocok untuk di jadikan isian bagi beberapa jenis burung kelas atas. Kicaunya yang rapat membuat burung prenjak menjadi salah satu burung peliharaan dan burung pendamping yang bagus.

Bicara soal burung prenjak bambu, sebelumnya apakah anda sudah mengetahui seperti apa penampakan burung ini ?

Jika belum paham betul dengan burung yang satu ini, silahkan anda baca terlebih dahulu beberapa hal di bawah yang akan menggambarkan seperti apa bentuk dan ciri dari burung tersebut.

Ciri Fisik Burung Prenjak Bambu

Sama dengan burung prenjak pada umumnya burung satu ini memiliki bentu tubuh yang mungil dan corak warna yang menarik.

Burung ini memiliki corak bulu di kepala berwara merah yang mengarah ke warna oranye. Untuk bagian sayap sampai dengan punggunya berwarna hitam kecoklatan.

Selain kepala dari burung yang berwarna merah ekor dari burung ini juga memiliki warna yang serupa. Pada bagian dagu , dada , perut hingga dubur di selimuti bulu yang berwara putih.

Burung jenis ini memiliki paruh yang kecil dan juga panjang, ini melambangkan jika burung tersebut termasuk kedalam burung pemakan serangga kecil sperti jangkrik , belalang sampai dengan ulat.

Sifat dan Kebiasaan Hidup Burung Prenjak Bambu

Burung jenis ini merupakan burung yang aktif di siang hari. Ia biasa melakukan aktifitas berburu makanan , membuat sarang dan lain sebgaainya di muali dari matahari terbit hingga sore hari.

ketika malam burung ini lebih memilih untuk berdiam diri di dalam sarang. Sebelumnya apakah anda sudah tahu sperti apa sarang dari burung ini ?

Burung ini merupakan burung yang cukup istimewa dalam membuat sarang. Ia biasa membuat sarang pada pohon – pohon yang rendah. Jika anda pernah melihat sarang burung walet maka seperti itulah sarang dari burung prenjak ini.

Sering kali beberapa orang terkecoh dan mengira jika sarang burung prenjak bambu merupakan sarang angkrang. Pasalnya ia dapat merekatkan daun – daun dengan menggunakan liurnya dan meletakan saranya di celah – celah daun tersebut.

sehingga akan nampak dari luar jika sarang prenjak bambu menyerupai sarang semut angkrang.

Untuk memiliki burung jenis ini anda musti menyiapkan dana yang berkisar antara 100.000 sampai dengan 200.000 rupiah. Harga burung prenjak bambu bisa saja lebih mahal ketika sudah piawai dalam berkicau dan sudah mau memakan voer.

Namun ketika burung ini masih giras , tak jarang orang menjualnya dengan harga murah yakni berada di bawah Rp. 100.000 saja.

Bagi anda yang sudah membeli burung ini dengan posisi masih giras, anda bisa pelajari dulu bagaimana menjinakan burung prenjak dengan membaca tips – tips yang sudah kami bagikan sebelumnya.

Bagi anda yang penasaran dengan suara burung prenjak bambu, anda bisa dengarkan beberapa audio yang sudah kami siapkan dibawah sini.

Audio 1 | Download

Audio 2 | Download

Audio 3 | Download

 

Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk anda dan sampai berjumpa lagi di pembahasan yang akan datang.

Leave a Comment