Settingan Murai Batu

Settingan Burung Murai Batu Untuk Lomba Dan Harian

Settingan Burung Murai Batu | Sudah menjadi rahasian umun jika burung murai batu memiliki resep rahasia untuk mendapatkan performa terbaiknya dalam berkicau. Resep rahasian ini tentu terletak pada perawatan burung yang mana mengharuskan pemilik untuk melakukan uji coba untuk mendapatkan setingan yang baik untuk burung.

Dengan settingan yang benar , anda bisa mendapatkan burung dengan mental yang baik dan juga volume kicau burung yang lantang. Perawatan atau settingan ini sebenarnya terbagi menjadi dua jenis yakni settingan harian dan settingan lomba.

Untuk keduanya sebenarnya tidak jauh menyimpang , hanya saja untuk pemberian ef dan vitamian tambahan lain lebih di gencarkan saat burung akan di masukan kedalam perlombaan.

Settingan Burung Murai Batu

 

Pada setiap burung memang tidak bisa di samakan dalam hal settingan , namun kami akan memberikan sedikit pencerahan karena bisa jadi settingan yang tepat untuk murai batu anda tidak jauh berbeda dengan apa yang kami sampaikan dibawah sini.

Namun sebelum membahas settingan untuk lomba , mari kita bahas terlebih dahulu setingan / rawatan harian untuk burung.

Perawatan Harian Burung Murai Batu

 

Burung yang tidak di ikutkan kedalam lomba , umumnya dapat anda berikan makanan yang normal seperti voer setiap hari. Namun jangan lupakan untuk memberikan asupan vitamin untuk burung yang terdiri dari kroto , ulat hongkong dan lain sebagainya.

Ingat jangan biarkan burung kehabisan air dalam cepuknya , ini dikarenakan kekurangan air sama saja menyiksa burung anda. Akibat yang sangat fatal adalah kematian jika anda teledor (membiarkan cepuk air kosong).

Memandikan burung juga dapat anda lakukan minimal 2 kali dalam seminggu , ini bertujuan supaya bulu burung terjaga dan tidak terserang oleh parasit seperti kutu dan lain sebagainya.

Kebersihan kandang juga anda perlu perhatikan , akan sangat percuma jika anda rajin memandikan burung namun kandangnya tidak anda bersihkan.

Lakukan saja perawatan ini secara teratur , maka burung anda akan berkicau dengan baik selain itu burung anda akan nampak bersih dan juga indah.

Sedangkan untuk burung yang hedak di pakan untuk perlombaan , anda bisa memberikan tritmen yang lebih istimewa diantaranya sebagai berikut.

Settingan Murai Batu Untuk Lomba

 

Burung Muari Batu Lomba

Dalam merawat burung yang ingin di ikutkan kedalam perlombaan , anda bisa memberikan beberapa tritmen yang lebih istimewa, kami sudah merangkumnya menjadi 8 Langkah Setting Murai Batu Sebelum Dilombakan. Jika anda penasaran seperti apa langkah – langkah ini silahkan bergeser kebawah sini.

  1. Saat pagi hari murai batu dianginkan terlebih dahulu dengan jangka waktu penganginan burung ini cukup 30 menit saja.
  2. Setelah proses ini anda lakukan , maka anda bisa memandikan burung. Dalam proses pemandian burung anda bisa memilih metode yang biasa anda terapkan diantaranya dengan menyemprotkan dengan bantuan botol bekas bisa menjadikan air menjadi embun atau anda biarkan saja burung mandi di kerambah.
  3. Selagi burung mandi anda juga bisa menyiapkan supemen tambahan yang anda bisa letakan di cepuk makan burung. Siplemen tambahan ini terdiri dari jangkrik dan juga kroto , pemberian suplemen ini bisa anda berikan dengan jumblah yang 2 kali lipat dari yang bisa anda berikan saat melakukan perawatan harian burung.
  4. Setelah mandi selesai , burung dapat anda masukan kedalam kandangnya dan kemudian anda bisa menjemur burung tersebut. Penjemuran baik di lakukan pada jam – jam tertentu seperti jam 10 pagi dll.
  5. Jika waktu sudah mulai siang dan matahari mulai terasa terik anda bisa memindahkan burung ke tempat yang tidak terlalu panas atau sejuk.
  6. Ketika sore hari tiba anda bisa mengkrodong kandang dan di lanjutkan dengan memperdengarkan master yang terdiri dari suara burung murai batu gacor.
  7. Setelah sudah memasuki hari H perlombaan , anda bisa meningkatkan ef burung yang terdiri dari 5 ekor jangkrik dan 5 ekor ulat hongkong. Sedikit tips untuk anda yang hendak berangkat ke tempat gantang , kami menyarankan anda untuk tidak lupa mengkrodong kandang burung supaya burung tidak stres dalam perjalanan.
  8. Setelah sampai di tempat perlombaan , anda bisa membiarkan burung atau meletakan burung di tempat yang sejuk dan tenang. Dari sini anda bisa melihat bagaimana mental burung , pasalnya mental burung yang sebenarnya akan nampak jelas di arena tempur ini.

Setelah anda mengetahui langkah yang perlu anda ambil untuk mempersiakan burung suapaya siap ikut lomba , selanjutnya anda juga harus paham betul dengan keadaan burung. Pasalnya burung yang telah di ikutkan perlombaan mayoritas mengalami sedikit goncangan , oleh karena itu terdapat perawatan khusus pasca lomba. Jika anda ingin tahu , silahkan simank beberapa tips dibawah sini.

Perawatan Burung Murai Batu Pasca Lomba

 

Usai lomba burung bisanya merasa staminanya terkuras , wajar saja ini terjadi karena burung saat lomba mengeluarkan stamina yang cukup besar selain itu secara mental burung mau tidak mau juga tertekan kerana gemuruhnya penonton dan juga ramainya suara dari burung lawan yang cukup untuk mengguncang jiwa. Oleh karenanya anda wajib tahu bagainya mengembalikan keadaan burung supaya kembali normal kembali.

Caranya terbilang cukup mudah , anda bisa melakukan tritmen antara lain seperti memberikan burung makanan berupa ef. Pemberinya juga jangan pelit – pelit , anda bisa memberikn 5 ekor jangkrik dan 5 ekor kroto atau ulat hongkong setiap harinya untuk mebangkitkan nafsu makan pada burung.

Setelah di rasa burung sudah kembali seperti semula dalam artian burung tidak terlihat stres anda bisa memtritmen burung atau merawat burung seperti perawatan harian seperti yang sudah kami sebutkan di atas.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat anda terapkan , jadikanlah ini sebagai tolak ukur supaya anda tidak telalu buta dalam melakukan perawatan kedapa burung untuk di ikutkan kedalam perlombaan. Semoga membantu anda dan sampai berjumpa di pembahasan yang akan datang.

Gallery for Settingan Burung Murai Batu Untuk Lomba Dan Harian

Gravatar Image
Kerja Keras Demi Meraih Kesuksan , Saya Mengapresiasi Setiap Kritik Supaya Lebih Maju Kedepanya. "Berubah Untuk Mengubah Diri Dan Lingkungan"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *